\ Daftar Mata Pelajaran pada Kurikulum 1975

Daftar Mata Pelajaran pada Kurikulum 1975

Share on :
Rekan rodajaman...Sementara orang-orang sedang heboh soal kurikulum 2013, tidak ada salahnya kita coba buka lembar jaman di masa-masa sekolah dulu. Sewaktu sekolah dulu, saya tidak tahu kurikulum apa yang digunakan bahkan tidak tahu apa itu kurikulum. Pun tidak ada penjelasan dari bapak/ibu guru mengenai kurikulum. Yang penting pada waktu itu belajar dan mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tapi saya salut dan berterimakasih kepada bapak/ibu guru yang telah mengantarkan saya hingga menjadi seperti sekarang. Kalian benar-benar "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa".

Baiklah, kita mulai dengan penjelasan tentang Kurikulum 1975.
Kurikulum 1975 memuat ketentuan dan pedoman yang meliputi unsur-unsur :
a. Tujuan institusional (SD, SMP maupun SMA) adalah tujuan yang hendak dicapai lembaga dalam melaksanakan program pendidikannya.
b. Struktur Program Kurikulum adalah kerangka umum program pengajaran yang akan diberikan pada tiap sekolah.
c. Garis-Garis Besar Program Pengajaran yaitu.
1) Tujuan Kurikuler, yaitu tujuan yang harus dicapai setelah mengikuti program pengajaran yang bersangkutan selama masa pendidikan.
2) Tujuan Instruksional Umum, yaitu tujuan yang hendak dicapai dalam setiap satuan pelajaran baik dalam satu semester maupun satu tahun.
3) Pokok bahasan yang harus dikembangkan untuk dijadikan bahan pelajaran bagi para siswa agar mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
4) Urutan penyampaian bahan pelajaran dari tahun pelajaran satu ke tahun pelajaran berikutnya dan dari semester satu ke semester berikutnya.
d. Sistem Penyajian dengan Pendekatan PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional).
e. Sistem Penilaian yang diberikan pada setiap akhir pelajaran atau pada akhir satuan pelajaran tertentu. Inilah yang membedakan dengan kurikulum sebelumnya yang memberikan penilaian pada akhir semester atau akhir tahun saja.
f. Sistem Bimbingan dan Penyuluhan.
g. Supervisi dan Administrasi

Berikut ini daftar Mata Pelajaran dalam Kurikulum tahun 1975, yaitu:
1) Pendidikan agama,
2) Pendidikan Moral Pancasila,
3) Bahasa Indonesia,
4) IPS,
5) Matematika,
6) IPA,
7) Olah raga dan kesehatan,
8) Kesenian,
9) Keterampilan khusus.

Nah..katanya mata pelajaran Prakarya di Kurikulum 2013 terinspirasi dari pelajaran Keterampilan Khusus di Kurikulum 1975. Semoga bermanfaat.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Daftar Mata Pelajaran pada Kurikulum 1975. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Daftar Mata Pelajaran pada Kurikulum 1975 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Daftar Mata Pelajaran pada Kurikulum 1975 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 comments:

Posting Komentar