\ Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid

Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid

Share on :


Saya kira, bukan hanya saya saja yang mengira bahwa tadinya Dapodik tidak begitu penting. Pada mulanya Dapodik dianggap hanya sebuah formalitas belaka. Namun dengan kian santernya dibicarakan, dapodik menjadi begitu berharga. Apa sebabnya dan sejak kapan Dapodik menjadi penting? Sebabnya ialah Dapodik telah menjadi basis data dan sumber informasi dan sejak itu pula Dapodik berpengaruh dan sangat sinkron dengan kepentingan berbagai tunjangan maupun bantuan sekolah ataupun PTK.

Dari beberapa artikel tentang Dapodik yang saya tulis di RodaJaman, sebenarnya itu sebagai ajang tukar pikiran dan sharing dengan sekolah lain, para guru/PTK, dan para operator dapodik sekolah. Dengan sharing ini, Alhamdulillah, dapat menambah pengalaman, menambah ilmu, menambah teman, juga menambah trafik. Terus terang saja, data PTK kami pun pada mulanya banyak yang tidak valid. Namun dengan sabar, teliti, cermat, dan terus berusaha memperbaiki kesalahan maka akhirnya data kami semuanya sudah benar dan sudah memenuhi syarat untuk menerima SK Tunjangan Profesi.

Membaca ratusan pertanyaan dan komentar yang masuk di blog ini maupun lewat email, rata-rata mereka banyak yang kurang mengerti dan memahami. Kurang memahami Dapodik, kurang mengerti Aplikasi Pendataan Sekolah, kurang memahami proses kerja sistem, kurang mengerti proses sinkronisasi dapodik serta kurang memahami mengenai ketentuan dan persyaratan guru bersertifikat. Saya prihatin dengan rekan-rekan yang hingga saat ini masih saja datanya bermasalah. Tapi maklum saja, ini akibat kurangnya informasi, kurangnya tutorial, dan kurangnya koordinasi, baik koordinasi dengan instansi terkait, koordinasi antar pimpinan sekolah, koordinasi antar sesama guru/PTK, koordinasi antar sekolah, dan koordinasi operator dapodik. Namun, cobalah bersikap sabar, teliti, pelajari, dan cermati. Karena menghadapi verifikasi dapodik perlu pemahaman dan juga kesabaran.

Berkaitan dengan guru yang sudah sertifikasi, wajarlah kalau merasa was-was, karena ada yang mengatakan, sistem tidak akan mentolerir bagi PTK yang tidak memenuhi syarat menerima SK Tunjangan Profesi akibat tidak validnya data Dapodik. Karena ada juga yang mengatakan SK akan diterbitkan bertahap, dan katanya tunjangan akan langsung ditransfer dari pusat berdasarkan SK. Sampai saat ini memang belum ada pemberitahuan resmi mengenai status verifikasi data dari P2TK, apakah akan berpengaruh langsung terhadap penerbitan SK.

Yang penting kita jangan meremehkan hal yang sudah menjadi kebijakan. Saya rasa Dapodik ini tidak main-main. Saya agak miris kalau ada yang mengatakan sistem amburadul, menyusahkan, telalu mendadak, dan bla bla bla. Buktinya, data yang valid lebih banyak daripada yang belum valid. Dan sebenarnya, pendataan ini sudah berjalan sejak 1 tahun yang lalu. Yang jelas, mereka para ahli di pusat, sudah berusaha untuk menyukseskan pendataan dan verifikasi data guru ini. Semoga tidak ada lagi rekan guru/PTK yang masih bingung menghadapi datanya yang tak kunjung valid. Terimakasih. salam rodajaman.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

75 comments:

  1. Ass,mohon solusinya ...saya mengajar di sekolah induk 20 jam.Untuk memenuhi kekurangannya,saya mengajar di MTs swasta (Depag).Aturannya kan boleh mengajar di MTs setelah konsultasi dengan Dikdas.Tapi sekarang dalam Dapodik justru mengecewakan dan merugikan saya jam mengajar di MTs tidak diakui???karena bukan di bawah wewenang dikdas.Tolong para pembuat kebijakan lebih arif dan segera dicarikan pemecahannya.Masa hanya gara2 dapodik guru yang telah melaksanakan tugas sesuai beban kerja linier yang diwajibkan tidak bisa mendapat tunjangan profesinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar bu... qt ini korban sistem jadul jadi mestinya tingkatkan lagi versi terkini untuk mengakomodir masalah yang seperti bu guru alami..

      Hapus
  2. selamat siang, saya mau tanya nih mas Agus.. kenapa bisa begini ya "The following error was encountered while trying to retrieve the URL: http://116.66.201.163:8083/info.php"???? ini halaman gak bisa diakses lagi ya?? mulai dari 1hari yang lalu sampai sekarng. apa udah ganti alamatnya?trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SOLUSINYA, buat ping ke google,caranya:
      1. buka command prompt
      2. ketik: ping www.google.com -t
      3.enter...
      dijamin walaupun lambat akses pasti akan terbuka.
      Laksanakan!!!!

      Hapus
    2. Kalau siang server biasanya sibuk ... jadi kalau saya bukanya jam 3 dini hari sampai jam 6 pagi .... silahkan mencoba..

      Hapus
  3. duh kebetulan pertanyaan yang akan ku tanyakan sama seperti di atas. Ya aku tiap hari cek data guru karena banyak teman2ku yang nunggu kabar terbaru setelah perbaikan ..eehhh dah 2 hari ini error terus sampai2 gonta ganti modem dan situs referensi tuk masuk ke p2tk tetap ga kebuka..
    benar seperti teman di atas apakah sudah ganti alamat ? atau server sedang dalam perbaikan? trimakasih saya suka sekali dengan blog ini .. jawaban2nya saya jadikan referensi buat kasih tahu teman2ku yang bertanya

    by dedi mulyadi (demava37@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  4. knpa server dapodik tdk bisa di buka,,,mhon infonya..

    BalasHapus
  5. Mudah-mudahan aplikasi dapodik sedang dalam perbaikan agar dapat menjawab semua masalah guru di lapangan termasuk guru yang memenuhi kekurangan JJM nya dengan mengajar di lintas kementrian (Depag),lintas jenjang dan lintas kabupaten/kota yang sampai saat ini datanya belum bisa ter-upload dalam aplikasi data dapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sy jg tdk tahu..krn sy jg gak bs akses..mngkn server sdg sibuk

      Hapus
  6. bapak Dapodik jgn menakut-nakuti terus, knp beberapa hari server utk pengecekan data guru sdng Time Out ? Trim...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sabar..jgn takut..yg pntg kt sdh berusaha..klw gak bs cek kapan2 dicek lg

      Hapus
  7. Memang harus sabar...... tapi cape dech!!!!!! (yeee...... kan kudu sabar, Kang!)

    BalasHapus
  8. lagi-lagi jadi lahan basah ni!!! #amburadul

    BalasHapus
  9. Ass. sy mau tanya bagaimana cara mengentri jam guru BK? trims

    BalasHapus
  10. selamat pagi, saya mau tanya ni.... dapodik yang semester 2 (genap) udah dilakukan pak ya?? mohon infonya. terimakasih.. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok..silakan upload sem.2 klw sdh siap..dan pastikan jgn ada yg ketinggalan

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. adalagi mungkin usulan bagi yang mau denger aja, aplikasi menurut saya sangat bagus n baik sekali meski ada beberapa permasalahan belum bisa diakomodir sperti pelaksanaan standar proses dll lah, yg paling penting kesiapan tenaga operator juga informasi terverifikasinya. apakah ptk udh sesuai jam tatap mukanya ato belum. saya gak tau daerah lain bagaimana tp kesiapan tenaga operator didaerah saya sprtinya masih kurang krna mungkin minimnya sosialisasi. apalagi terjadi mutasi yang terkena mutasi adalah operatornya wah bikin ribet urusan. emang bisa aja minta data itu kembali teru urusan lainnya mengenai kesiapan operator baru nya bagaimana? itu tanggung jawab satuan pendidikan emang tp kadang beberbenturan dengan kebijakan lo. mungkin sebaiknya pihak yg berkompeten memberikan instruksi kpda masing2 dinas di daerah tuk melaksanakan sosialisasi lebih inten

    BalasHapus
  13. Mau nanya ni !
    Saya Pengawas yang tunjangan sertifikasinya dulu lewat guru.
    Bagaimana untuk update data bagaimana ?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendataan pengawas melalui KK-Datadik Dinas pendidikan masing-masing..coba konfirmasi dg operator kabupaten

      Hapus
  14. data KS kami kembali tdk valid hari ini. apa tugas mengajarx yg 6 jam itu harus sesuai dengan kode sertifikasix....beliau bidang sertifikasix guru kelas tapi di tugas mengajarnya , bidang studi Pkn.....apa itu penyebabnya sehingga tdk valid?????apa yang harus kami lakukan.apa mengubah pelajaran yang di ampu itu dengan guru kelas sj....mohon petunjukx.krn hari ini 80 % KS di daerah kami datax tdk valid...padahal kmrn aman2 sj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin nanti berubah menjadi valid, data Kepala Sekolah SD saya kemarin juga pernah mengalami hal yang seperti itu.

      Hapus
  15. mohon pencerahannya bagaimana memasukkan data pembina eskul (dihitung 2 JJM) karena pada tugas tambahan tidak ada mencantumkan ataukah di rombel datanya berupa "lainnya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembina ekskul masuk tugas tambahan hny utk perhitungan angka kredit, tp tdk mengurangai jam tatap muka alias tdk diperhitungkan utk menambah jam mengajar

      Hapus
  16. km jg bingung kdg2 yg km draf tida sm d data pusat.

    BalasHapus
  17. Selamat sore pak,, mudah2n mau mendengar keluhan saya,, susah sekali meng cek data guru2 yang sudah valid atau belum pada P2TK, sedangkan kepala UPTD mengharuskan agar hasil perubahan bisa diketahui secepatnya,, sebagai oprator sekolah saya merasa terbebani karena ternyata P2TK tidak dapat memunculkan harapan saya,, terima kasih.

    BalasHapus
  18. selamat sore pak. saya mau tnya. bagaimana cara mengecek data pengawas TK/SD? apakah link yang digunakan sama? mohon bantuannya. terima kasih.

    BalasHapus
  19. mat pagi pak.....tlong donk situs p2tk tdak bisa di akses, pdahal udah semalaman saya gk tdur. hanya karna sering coba-coba buka situs ini, tpi smpai skrang gk bisa........

    BalasHapus
  20. Ijin Copas.. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  21. knp ya blm bisa juga mengakses cek data guru itu?
    klo bisa mohon diberitakan jk ada web yg lain/baru untk mengaksesnya. trims

    BalasHapus
  22. sampai menit ini sy blm bs buka situs p2tk jd bgmn sy bs tau kelengkapan data saya ? kami sgt kwatir jk terlambat up date akan di disk sbg penerima tunjgn srtfkasi guru, bgmn caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buka jam 5 subuh ...jadi pade sholat subuh dulu trus buka insyaAllah bisa .. nih saya buka jam 4 dini hari sekarang ...... BISA !!!! Alhamdulillah

      Hapus
  23. saya OP dapodik dari smp di kab. madiun.
    untuk JJM linear nya kok ada sebagian yang tidak masuk ya...
    ada guru yang JJMnya sudah penuh. tapi sebagian JJM linernya kok dak ada.
    tolong bisa dijelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. trgantung mata pelajaran..harus linier dg sertifikat..mungkin belum sinkron datanmya

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Sejak pengiriman data perbaikan dapodik ke pusat,brapa hari paling cepat dapat diakses kebeneran datanya dan kapan mulai penerbitan SK TPG tuk tahap I ? terima kasih, GEDE SUCITA,BULELENG,BALI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut pengalaman saya hampir 10 hari baru bisa melihat perubahan data yang kita kirim di situs P2TK. Kalau penerbitan SK Tunjangan Profesinya belum ada kabar.

      Hapus
  26. Sampai saat ini data dapodik saya a/n SRI NUR HIDAYATI Guru SDN.GENTING
    SARI Kec.Bansari Kab. Temanggung belum ada. Mohon informasinya cara mengi
    rim data dan mengecek data ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya ada di blog ini..
      saran sy..hub.operator dapodik sekolah, slg brtny dg rekan guru lain

      Hapus
  27. Sekedar info nih, kalau ingin melihat data di situs P2TK pukul 2 tengah malam lewat baru bisa kita melihatnya. Karena sekarang selain pukul itu selalu tidak bisa dibuka situs P2TKnya..

    BalasHapus
  28. Waduh ko sama semua sih, pada dasarnya tuk melihat situs P2TK susahnya minta ampun,nih dari jm 2 saya belum bisa masuk situs itu??? klu saya masalahnya karena operator yang dulu dah penataran di bogor pindah turut suami ke bekasi, pas dilihat ternyata eh ternyata data guru-ru-gurunya mash kosong cape deh....baru ngirim minggu kemarin pe skarang blm ada perubahan,Sabar adalah kunci utama menghadapi semua ini

    BalasHapus
  29. Bagaimana cara memperoleh NRG ,karena dari dulu NRG saya kosong tidak keluar padahal sudah memperoleh sertifikat profesional.dari dulu bingung menanyakan dan mengurusnya bagaimana,dan kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. data NRG dpt dilihat di..
      1. dinas pendidikan
      2. LPMP
      3. SK Tunjangan Profesi
      4. Bank yg menyalurkan tunjangan

      Hapus
  30. maaf.... mau tanya mas... kalau di kemenag guru yang sudah sertifikasi harus mengisi data dapodik gag mas. soalnya saya sendiri lagi bingung...... tolong ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bu..coba tny di bagian sertifikasi kantor Kemenag terdekat

      Hapus
  31. mengapa jumlah jam guru penjaskes disekolah sy msh belum diakui di dapodik padahal jumlah jamnya sdh 24 jam per minggu dr 6 Rombel. dr kelas I 4 jam, kelas II 4 jam, kelas III 4 jam, kelas IV 4 jam, kelas V 4 jam, kelas VI 4 jam total 24 jam. tp belum bisa terbaca jumlah jamnya padahal data PTK nya sdh valid. tolong solusinya karna kita sebagai operator sdh tidk punya cara lagi untuk memperbaikinya.

    BalasHapus
  32. sudah sejak tgl 27 maret 2013 lalu, data rombel sy di salah satu kelas (SMP) salah klik. yang seharusnya diklik Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) oleh operator dapodik sekolah di klik Lainnya. tgl 27 maret 2013 sudah diperbaiki. sy cek tgl 30, 31 maret msh blm berubah. kmdian tgl 2 april 2013 diperbaiki lagi, tapi hingga tgl 7 april 2013 masih juga blm sesuai kembali ke mapel IPA. mhn pencerahannya pak agus. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap perbaikan hrs sll disimpan..sblm dikirim cek di profil sekolah, stlh kirim cek di Manajemen Pendataan, cek di verifikasi lihat tanggal pengiriman

      Hapus
  33. Bagaimana cara merubah data ptk dan mengajar Bos........

    BalasHapus
  34. kayaknya web ini memang sangat bermasalah...aku diminta teman2 guru aku utk mengecek data mereka yg belum valid tapi gak bisa dibuka...kalau aku yg salah (maaf) gak mungkin, karena basic aku adalah seorang IT... ini pertanda betapa tidak profesionalnya kemdikbud yg ada dipusat sana...mengapa mereka membiarkan hal ini terus berlarut-larut...dasar mereka semua manusia2 karbitan, koruptor semua...aku betul2 marah...tapi marah sampai dimana? mudah2an aja mereka langsung digantikan oleh orang2 yg profesional dan bertanggung jawab, itu aja curhat saya...kalau ada yg gak setuju berarti yg gak setuju dengan koment aku ini termasuk orang2 karbitan juga...dan buat pengasuh block ini...thanks banyak sudah membantu mereka2 semoga mendapatkan pahala surga. Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalau mau mereka bisa saja amat sangat profesional, tapi karena belum ada undang undang yg mangatur tentang hal ini, jadilah kasus kasus yg bagi kita kalangan IT menjadi sangat tidak proporsional. Sebenarnya saya punya ide untuk menyelesaikan semua masalah IT di pemerintahan. Tapi sudahlah, buat apa kasih ide buat pemerintah, kl ujung ujungnya hanya dilemparkan di tempat sampah. karena mereka yakin dengan pegangan yg mereka pakai. sabar aja, semua pasti akan berubah. masak pemerintah betah dengan sistem seperti ini terus menerus. kita tunggu saja langkah pemerintah kedepan seperti apa. semoga hari esok lebih baik dari hari ini... aminn..

      Hapus
  35. bagaimana caranya mengisi jjm nya guru BK ??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sy blm paham utk guru BK,takut salah caranya

      Hapus
  36. slmt tengah malam pak dapodik. sy nih sebagai operator sdh bingun mau dijawab apa lagi guru-guru yg bertanya terus masalah datanya, sedangkan p2tkdikdas belum bisa dibuka sampai sekarang..

    BalasHapus
  37. apan nih webnya gak bisa dibuka. payah servernya down. pake xxamp sih. masak sekelah kemenbud pakenya server gratisan

    BalasHapus
  38. saya udah mencoba berkali-kali untuk masuk, tapi sampai saat ini belum juga bisa..
    apa punya solusi bagaimana supaya bisa masuk..
    balas ya..

    BalasHapus
  39. saya operator sekolah bingung dengan web untuk login dengan data p2tk selalu problem loading

    BalasHapus
  40. Aslm,,saya seorang operator Dapodik Pak Agus,basic saya S1 Accounting, saya sudah melakukan pendataan dari desember 2012.
    dan di bulan Februari saya sudah update data yang semester 2. saya dan Kepala Sekolah sdh ngecek ke Diknas setempat bagian informasi Dapodik,, data kami katanya sudah diterima. Tapi ketika saya cek di Manajemen Pendataan, Info pendataan dan P2TK dikdas,, data kami susah dibuka.dan di Infopendataan, ada keterangan ( Jumlah siswa = ***, Rombel = ***, Cek Konversi) bingung saya memikirnya.
    Karena di sekolah saya tahun ini hampir 25 guru yang bersertifikasi, hampir tiap jam mereka ke kantor menanyakan SK Dirjen yang belum bisa dicek. Apakah perlu, saya harus mendatangi kantor pusat (di Senayan) maksudnya ??? bahwa sya sudah melakukan pengiriman data... mohon penjelasannya. matursuwun

    BalasHapus
  41. sebagai opertor sekolah di SD, saya kesulitan membenarkan JJM untuk Kepala Sekolah. di bagian mana yang harus diperbaiki kok kalau dicek JJM nya cuma 18 jam dan masih dinyatakan JJM tidak memenuhi syarat. Padahal cara mengisiku sama dengan data semua rekan guru yang alhamdulillah sudah valid semua. Bagaimana cara memasukkan data yang py tambahan Kepala Sekolah agar JJM nya 24 jam???. Mohon dibantu........

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka ditab PTK isi pada tugas tambahan guru 6 jam dan kepala sekolah 18 jam

      Hapus
  42. gimana ya kalu yg blm muncul di dt gr yg tlh siap SKTP,telah siap SK,dan dt guru yang tidak memenuhi syarat

    BalasHapus
  43. Masyaallah................... bgmn cara membetulkan JJM untuk Kepala Sekolah Dasar ya? kok bila di cek di web dapodik yang muncul cm 18 JJM. sebagai operator sekolah saya jadi gak enak hati sama KS saya karena cm beliau yg belum clear. sedang rekan guru semua Alhamdulillah dah dinyatakan VALID. Tolong bagaimana cara yg benar mengisi jumlah JJM untuk Kepala Sekolah ???????

    BalasHapus
  44. harap semua sabar. kejadian ini karena banyak orang membuka serentak website itu.........

    sebenarnya saya juga deg-degan....... apakah benar kalo data dapodik tidak terupdate, tunjangan tidak turun? apakah ada cara lainnya?
    hikssss

    BalasHapus
  45. saya mau tanya untuk Jumlah jam kepala sekolah SD kok g bisa 24jam/minggu sehingga tidak memenuhi syarat menerima tunjangan gimana caranya untuk mengupdate data jam nya kepala sekolah untuk bisa 24jam/minggu mohon dibantu? trs apa yang salah pengisian Dapodiknya? tlong di bantu pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepala sekolah diisi jamnya guru kelas 6 jam, berbagi dengan guru kelas lain, ditambah tugas tambahan 18 jam

      Hapus
  46. malam pa.... saya mau tanya pa,, saya mengajar 24 jam rombelnya 12, tapi dipropil sekolah yang keluar cuma 22 jam, saya sudah perbaiki data melalui operator kabupaten tapi tetap seperti itu jg......
    jadi gimana solusinya

    BalasHapus
  47. sudah bersukur SK Tunjangan Turun

    BalasHapus
  48. mohon bantuannya, disekolah sayah ada data guru jumlah jam linearnya masih kosong tetapi rincian jam mengajarnya ada sudah 24 jam, yang sayah bingung jumlah jam linear datanya darimana?? apa yang harus di isi supaya jam linearnya tidak kosong.

    BalasHapus
  49. Selamat siang Pak Admin. Salam kenal.
    Saya seorang guru swasta di salah satu SMP nasional plus dimana selain IPA terpadu, ada juga pelajaran Science (IPA dalam bhs. Inggris) sehingga total jam pelajaran untuk IPA lebih daripada 4 jam seminggu seperti yang ditetapkan oleh program. Bagaimana operator dapat memasukkan JJM saya kalau tidak ada pilihan Science di program sedangkan mapel. IPA telah terisi penuh oleh rekan guru yang lain. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  50. sejak tadi pagi sampai malam nongkrong dilaptop sudah habis puls 100rb belum ada kabar SK TPP turun....

    BalasHapus
  51. Tolong infony! apakah sertifikat kewenangan tambahan (KKT) tidak bisa diperhitungkan di jam sertifikasi, Sebab saya sertifikasi IPS dan punya sertifikat kewenangan tambahan (KKT) TIK sehinga saya selain mengajar IPS juga mengajar TIK, tapi setelah lihat verifikasi data PTK jam yang diakui dan layak cuma mapel IPS. bagaimana pak. mohon info dan solusinya

    BalasHapus
  52. mohon info .....saya dulu guru SD swasta yg bersertifikasi guru kelas ,dan kemudian menjadi PNS guru tingkat SMP mengajar Mapel Fizika karena memang S-1 nya Fizika,dgn adax Dapodik ini akhirx menjadi tidak linier sertifikasix,sudah konsultasi ke Diknas ,tapi masih belum ada jawabanx???....bagaimana cara dan solusix...??trims.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf agan-agan..yang bermasalah dengan data kelulusan dan sertifikat tidak linier, kalau tidak bisa diselesaikan dengan dapodik, hubungi operator dinas setempat

      Hapus