\ Setelah Sinkronisasi Dapodik Ternyata Status Jam Mengajar Sesuai "OK"

Setelah Sinkronisasi Dapodik Ternyata Status Jam Mengajar Sesuai "OK"

Share on :
Salam dapodik, rekan rodajaman. Setelah saya mengeluh Gara-gara JJM KTSP dan JJM Linier Data PTK Kami Kembali Tidak Valid, namun kemudian saya mencari tahu tentang penyebab JJM Guru yang masih nol dan hanya berharap data dapat berubah dengan sendirinya. Karena memang sebelumnya data kami semuanya sudah valid, jadi saya pikir pasti data tersebut nantinya akan berubah dan tinggal menunggu waktunya.

Mengikuti perkembangan perubahan data adalah suatu rutinitas para operator sehari-hari. Bayangkan seandainya ada salah satu data rekan guru yang tidak sesuai apalagi jamnya dianggap nol, pasti yang menjadi sasaran adalah operator dapodik sekolah. Sebagaimana saya katakan sebelumnya bahwa data yang tadinya sudah valid, pasti nantinya akan berubah kembali menjadi valid. Karena memang sistemsedang melakukan sinkronisasi dengan dapodik serta adanya proses konversi kode bidang studi sertifikasi dari kode lama (2007-2008) ke kode baru (2009-sekarang).

Proses sinkronisasi memang tidak bisa dalam sekejap tapi membutuhkan waktu, sebagaimana proses pengentrian dapodik sampai dengan upload data dan hingga akhirnya status data berhasil diproses. Data yang sudah berhasil diproses pun tidak langsung sinkron dengan sistem di P2TK. Maka, bagi sekolah yang sudah mengirim dan datanya sudah berhasil namun data di Verifikasi PTK belum berubah, berarti data dari dapodik belum sinkron. Harap dimaklumi sistem server pusat membawahi dan mengurus data dapodik seluruh Indonesia.

Sistem Verifikasi Data PTK memang terus mengalami perubahan dan perbaikan. Ini dimaksudkan untuk mengakomodasi semua persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang PTK untuk dapat menerima SK Tunjangan Profesi. Sebenarnya syarat inti mendapatkan SK Tunjangan Profesi adalah memiliki sertifikat pendidik (point 17) dan terpenuhinya beban mengajar 24 jam (point 20), dua point inilah yang sulit untuk dibuat-buat. Sedangkan point yang lain lebih mudah untuk valid. Jadi yang harus diperhatikan pada aplikasi pendataan adalah status sertifikasi guru dan pengisian data PTK mengajar pada rombongan belajar. Jika PTK tersebut sudah memenuhi syarat, kemudian barulah meneliti data lain seperti masa kerja dan gaji pokok, karena hal ini akan berpengaruh pada jumlah tunjangan.

Saya berani mengatakan bahwa sistem verifikasi data PTK sudah bagus dan mendekati sempurna. Dan salut kepada para programer sistem informasi manajemen P2TK Dikdas yang telah berusaha keras untuk menyukseskan pendataan nasional ini. Namun akibat minimnya keterangan dan penjelasan tentang data yang tidak valid menyebabkan kesimpangsiuran  di pihak sekolah. Pihak sekolah dalam hal ini para operator dapodik juga ada yang belum memahami betul aplikasi pendataan sekolah, sehingga terkadang hanya bisa menyalahkan sistem, tanpa introspeksi dan mencoba mempelajari secara detail cara kerja aplikasi.

Ok..sesuai judul diatas, saya ingin menyampaikan kabar gembira terutama bagi saya, bahwa Alhamdulillah data kami sudah kembali valid, terutama pada mata pelajaran yang sebelumnya JJM KTSP dan JJM Linier nol, seperti Bahasa Inggris, TIK, Keterampilan, dan Mulok. Dengan telah sinkronnya dapodik, maka setelah saya cek semua data guru sesuai  mata pelajarannya akhirnya data dengan sendirinya menjadi valid. Terus terang saya belum pernah mengupload kembali data sejak terakhir kali tanggal 02-01-2013, karena saya memang sudah yakin bahwa data yang saya kirimkan sudah benar.

Berikut gambar hasil screenshotnya

Nah..dengan demikian bagi yang merasa datanya sudah lengkap dan benar, cobalah cek kembali data anda dan jika masih ada yang meragukan atau tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, maka cobalah bersikap untuk menerima. Mungkin memang ada kesalahan pada aplikasi, mungkin data belum berhasil diproses oleh server, mungkin data belum sinkron dengan P2TK, atau mungkin sistem masih dalam maintenance. Untuk itu saya berterimakasih jika rekan-rekan ingin berkomentar untuk sekedar berbagi kebahagiaan karena datanya sudah valid, atau mungkin masih ada yang meratapi tentang nasib datanya yang tak kunjung sesuai. Terimakasih. salam rodajaman.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Setelah Sinkronisasi Dapodik Ternyata Status Jam Mengajar Sesuai "OK". Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Setelah Sinkronisasi Dapodik Ternyata Status Jam Mengajar Sesuai "OK" ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Setelah Sinkronisasi Dapodik Ternyata Status Jam Mengajar Sesuai "OK" sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

124 comments:

  1. saya guru IPA SMP mengajar fisika, sertifikasi th 2009 kode mata pelajaran 097, kemarin cek data ptk ternyata junlah jam mengajar masih nol. setelah saya tanya ke operator tenyata rombelnya belum di isi. kemudian saya minta operator mengisi rombel dengan lengkap dan di kirim awal februari. pengisian rombel di pilih mata pelajaran fisika .sampai saat ini belum ada perubahan. hari ini saya nembandingkan dengan guru fisika di sekolah lain yang juga memilih mata pelajaran fisika pada rombelnya, ternyata jjm KTSP nya 0, pada rincian mata pelajarannya muncul180 Fisika dan tidak normal. yang saya tanyakan, apakah perlu saya melakukan pembetulan dan mengirim ulang, mohon pendapatnya mas Agus, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbsnrnya di KTSP SMP tdk ada mapel Fisika,ini yg menybabkan JJM KTSP 0 dn tdk linier,dianggap tdk normal krn pengisian rombel mungkin ada kesalahan..knp gak diisi IPA terpadu saja..pasti linier..tp coba saja tunggu sinkron akhir bulan ini..

      Hapus
  2. saya operator dapodik SD, yang ingin sy tanyakan beberapa teman sy yang belum sertifikasi dan GTT point 17 dan point 20 menjadi tidak valid/kosong.Padahal pada rombel sudah dimasukkan dan JJM nya sudah 24 jam, cuma kode sertifikasi sy kosongi karena memang belum sertifikasi. mohon penjelasannya mas agus.dimana kemungkinan letak kesalahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. logikanya begini,verifikasi data PTK adlh utk guru yg sdh sertifikasi..jd bg yg belum sert. otomatis tdk valid trutama poin 17 dan 20, krn 2 poin ini slg terkait

      Hapus
    2. mas, kalo guru PAI apakah untuk point 17 dan 20 juga kosong?padahal di aplikasi dapodiknya sudah terisi kode sertifikasi dan JJMnya sudah 24 jam.mohon penjelasannya.makasih

      Hapus
    3. utk guru PAI urusan Kemenag..krn NRG ada di Kemenag..jd semua guru PAI invalid

      Hapus
    4. mas, sampai kapan update dapodik yang semester I ini? kalo ada siswa baru apakah langsung dimasukkan dan semesternya apa tetap semester I?

      Hapus
    5. utk sementara data yg dipakai data sem.1..sy tdk tahu sampai kpn..

      Hapus
  3. Tak tau sebabnya data PTK SD saya belum terkirim seluruhnya. Apakah bulan ini sudah bisa melakukan update data melalui aplikasi, jika blm, kapan kami bisa mulai melakukan update..
    satu pertanyaan lagi, bagaimana dampaknya bagi guru yang sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi jika data blm valid sampai bulan ini. trim sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menrt info : utk update data sdh bisa dilakukan mulai 15-02-2013, tgl 26-02 akan dilakukan sinkronisasi
      mengenai dampak..sy tdk tahu kebijakan dr pusat,tp smntara kt ikuti terus perkembangannya

      Hapus
    2. menurut info yang saya dengar bagi guru yang datanya belum valid dan sudah sertifikasi maka sertifikasinya tidak terbayar, untuk itu segera lengkapi datanya, oke ................

      Hapus
  4. bagaimana caranya bagi guru yang kekurangan jam, apakah di data dapodik berlaku bagi guru yang kekurangan jam dan memegang mata pelajaran lain apakah bisa dihitung, mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg kekurangan jam..bs ngajar mata pelajaran lain yg linier, atau ngajar di tpt lain dg pelajaran yg sama..kan sdh ada aturannya

      Hapus
    2. bagai mana cara mengatasi nih sdn 2 getas, Kec. Kredenan .Kab. Blora tidak dapat tampil ptk nya dan data yg dikirim katanya kode regristasi nya dipakai oleh sdn getas. cepu cara mengatasi supanya data app SDN 2 GETAS KE. Kradenan supanya bisa diterima gimana ya .......????? coba Pak cara penyelesaiannya gmana Cepat di tindak lanjuti supanya data kami bisa valit sesuai dengan rombel nya SDN 2 GETAS, Kec. Kradenan Terimakaish...

      Hapus
  5. Mas. sekolah kami sudah up date data dengan versi terbaru, tetapi data muncul selalu format kosong dengan keterangan seperti dibawah ini, apa yanh belum benar ya mas ?

    t_ptk.NUPTK_LINK, t_ptk.NUPTK_LINK_LEVEL, t_ptk.NAMA_INSTANSI_NUPTK FROM t_ptk WHERE t_ptk.NUPTK=:p1 AND t_ptk.STATUS IN (:p2,:p3) AND t_ptk.TGL_LAHIR=:p4] [wrapped: Error parsing date/time value: '0809-19-69' [wrapped: DateTime::__construct() [datetime.--construct]: Failed to parse time string (0809-19-69) at position 6 (9): Unexpected character]]' in C:\xampp\php\Pear\propel\util\BasePeer.php:488 Stack trace: #0 D:\Projects\localhost\ptk_validasi\build\classes\pendataan\om\BaseTPtkPeer.php(821): BasePeer::doSelect(Object(Criteria), Object(DebugPDO)) #1 D:\Projects\localhost\ptk_validasi\build\classes\pendataan\om\BaseTPtkPeer.php(791): BaseTPtkPeer::doSelectStmt(Object(Criteria), NULL) #2 D:\Projects\localhost\ptk_validasi\build\classes\pendataan\om\BaseTPtkPeer.php(773): BaseTPtkPeer::doSelect(Object(Criteria), NULL) #3 D:\Projects\localhost\ptk_validasi\info.php(120): BaseTPtkPeer::doSelectOne(Object(Criteria)) #4 {main}

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kayaknya kesalahan pas verifikasi data PTK, passwordnya terbalik, harusnya yyyy/mm/dd, bukannya dd/mm/yyyy. saya juga pernh menemukan hal yg sama.

      Hapus
  6. Assalamualaikum wr.wb. saya guru ipa di smp, sertifikasi mata pelajaran ipa tahun 2012 mengajar 3 rombel. pada data ptk saya jjm 15 tugas tambahan kepala lab 12 total 27. pada jjm ktsp jjm 12 kepala lab 12 total 24 jam. pada jjm linier jjm kosong kepala lab 12 total 12 jam. kenapa bisa demikian? apa yang tidak sesuai ya pak? sekolah saya baru update data terakhir 26 februari. terimakasih banyak sebelumnya. Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama masalah kita pak,seprtinya untuk IPA permasalahan sama se indonesia,mari kita tunggu sinkron berikutnya

      Hapus
  7. Mas Agus, Data kami di semester I 2012/2013 Salah, diketahui setelah download profil sekolah. data tersebut bukan kami yang upload (diupload oleh UPT). setelah memiliki kode registrasi, pada semester II (upload tgl 26 februari) kami perbaiki. Mengapa data semester I tidak hilang (data salah tetap muncul), Bagaimana memperbaikinya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. data yg dipake data sem.1..jd smentara klw ingin upload data yg sem.1 saja

      Hapus
  8. mas agus...sblum ini data kami sdh valid dan normal. tp hr ini sy lihat lagi datax kembali tdk valid padahal sy tidak update data lg stelah tgl 21 pebruari (pengumuman data yg valid dan tdk valid).kami lega krn termasuk yg sudah valid.namun skarang sy lemas pak.krn jjm, jjm ktsp dan jjm linier kami smuax nol.apa yg harus kami lakukan...mkash jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn ada update data, maka kt hrs tunggu sinkronisasi berikutnya

      Hapus
    2. ternyata data kami valid lagi mas...setelah satu hari kemarn sempat tdk valid...dan data yg muncul dt terakhir yg kami update di semester 2 ini (bondowoso)

      Hapus
  9. kami tadi pagi juga begitu pak,rupanya sistem sedang memperbaiki,siang dibuka data dah ok,lagi,malah data kmrn yg JJM liniernya 0,sudah sesuai,krn sudah di sinkron kali ya

    BalasHapus
  10. mas,teman sy yg juga operator dapodik SD telah mengupload dapodik semster II/semesternya dirubah semester II kemudian mengirimkankan ke server.yang ingin sy tanyakan apa akibatnya mas karena yang dikirim semester II,padahal sy bertanya ke operator dapodik diknas kabupaten suruh menunggu pemberitahuan lebih lanjut tentang up date semester II.kapan kira-kira update dapodik yang semester II mas?mohon penjelasannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk data sem.2 lbh baik ditunda dulu..tunggu perintah..krn utk verifikasi data diambil dr sem.1

      Hapus
  11. Mas kalau konfirmasi data nanti dikirim lewat email itu maksudnya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu saja..dan sering2 sj cek email pribadi milik guru

      Hapus
  12. pa saya dari smp 21 kota serang saya sebagai opertor sekolah , saya mau nanya d data dapodik saya aplikasinya sudah semester 2 karna ada kesalahan apakah data yang sudah saya kirim bisa d terima d server pusat karna aplikasi dapodik saya sudah semester 2 makasih pa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg sy tahu utk verifikasi diambil dr data sem.1..data sem.2 sprtnya blm ada perintah utk upload

      Hapus
  13. pa saya dari smp 21 kota serang saya sebagai opertor sekolah, saya mau nanya d aplikasi dapodik saya sudah semester 2 dan saya pernah menguplod data tanggal 29 januari dengan aplikasi dapodik semester 2 dan pas saya cek ada sebagian guru yang belum viled jjm liniernya apakah yang saya aplod memakai aplikasi dapodik semester 2 tidak d terima d server pusat mohonn penjelasannya pa makasihhhhh

    BalasHapus
  14. Pak, saya guru kelas 6 SD.Saya mau nanya apakah mapel bahasa Inggris dan bahasa Jawa (Mulok) ada kode bidang study sertifikasi? karena mapel MTK dipegang oleh kepala sekolah, jadi jam saya berkurang dan saya pegang pelajaran bahasa Inggris kelas IV. Kadang pegang kelas III karena SD kami kekurangan 2 guru mapel. Di verifikasi data online sudah tertulis 24 jam tapi dipertanyakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem hny mengakui jam mengajar yg linier/sesuai dg sertifikat pendidik..utk pengisian rombel sesuaikan dg struktur KTSP dan pembagian tugas guru di sekolah

      Hapus
  15. pa mau tanya saya mau memperbaiki data karna masih ada kesalahan tapi aplikasinya sudah semester dua gmana caranya untuk dapat mengaploud data dapodik saya apakah harus mengganti ke semester 1 lagi pa mohon masukannya pa

    BalasHapus
  16. Pak bagaimana data yang kekurangan jam mengajar di smp sebagai sekolah induk.saya mengajar disekolah lain di smk, mata pelajaran saya bahasa indonesia. bagaimana supaya mengajar disekolah lain bisa dihitung dan cukup 24 jam.balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. di SMA/SMK ada aplikasi PAS Dikmen sama spsrti dapodik, coba diisi diSMK nya..tp sy tdk tahu apkh bs sinkron data di Dikdas dan Dikmen

      Hapus
  17. gmana caranya pa untuk merubah aplikasi kembali k semester 1 karna saya sudah semester 2 aplikasinya apakah tidak mempengaruhi data mohon bantuannya pa

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk data sem.2 blm ada perintah utk dikirim

      Hapus
  18. mas, sy operator dapodik mohon bantuannya.kepala sekolah sy setelah dicek diverifikasi PTK yg bersangkutan di NUPTK pada keterangan tertulis warning:NUPTK bersangkutan tidak terimput pada dapodik.sy sdh klarifikasi ke Diknas Kabupaten,NUPTK yg bersangkutan biodatanya sdh benar cuma nama yg bersangkutan pada biodata NUPTK tidak sama (disingkat) dengan yang di aplikasi dapodik (tidak disingkat).di biodata NUPTK tertulis:ABD. KAHAR, sedangkan di aplikasi dapodik:ABDUL KADAR.apakah ini yg menyebabkan pada verifikasi PTK keluar warning?mohon penjelasannya?bagaimana solusinya? karena yang bersangkutan setelah sy cek NUPTK di sekolah yg lama SDN 1 Kalimas tidak sama NUPTKnya dengan sekolah yg sekarang di SDN 2 Pesisir, NUPTK di sekolah yg lama nama beliau Abdul Kahar,sedangkan di sekolah yg baru nama beliau Abd. Kahar.Aplikasi dapodiknya yg ditulis Abdul Kahar (SD yg lama),tetapi nomer NUPTKnya sesuai dengan sekolah yg baru.mohon penjelasan.Trims.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama dan NUPTK disamakan dg data di form A1 (klw sdh sertifikasi)

      Hapus
  19. Apakah tahun ini sudah diberlakukan pmbayaran TPP berdasarkan Dapodik ? Trims....

    BalasHapus
  20. Mengapa sekarang saya mau ngecek data saya
    kok..tidak bisa. apa sudah ditutup?

    BalasHapus
  21. Pak apakah sistem dapodik berlaku juga bagi Sekolah Luar Biasa (SLB)? guru SLB guru kelas pada umumnya, gimana dg JJM Linier dan JJM KTSP ? JJM guru SLB pada umumnya 0 semua. atau ada aplikasi/sistem khusus pula buat Sekolah Luar Biasa? mohon penjelasannya pak Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sprtinya sama..yg pnting sesuaikan dg KTSP, kode sertfikasinya..ya sesuaikan di SLB

      Hapus
  22. Saya guru IPS di SMP Negeri 1 Sigaluh Kab Banjarnegara Jateng mohon penjelasan:
    1. Apakah boleh pengajaran IPS secara Team Teaching? Karena di sekolah saya kelebihan guru IPS. Jumlah guru IPS ada 5 dengan jumlah rombel 18.Kalau tidak boleh berarti semua guru akan kekurangan jam mengajar.
    2. Di sekolah saya JJ IPS 6 jam perminggu sedangkan JJMKTSP 4 jam, apakah kalau saya memasukkan JJM 6 perminggu JJM Linear akan keluar 6 jam perminggu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua2nya boleh2 saja..tp tdk menjamin jamnya diakui atau tdk
      tp sy cenderung ke opsi ke-2, krn ada sklh di tpt kami,menambah jam b.indo jd 5 jam di dapodik linier..
      krn KTSP membolekan penambhn max.4 jam perminggu

      Hapus
  23. saya mw tanya untuk pengisian jabatan fungsional guru untuk guru dengan pangkat pembina gol IVa itu jabatan fungsionalnya pada aplikasi diisi apa?krena hanya sampai guru madya pada aplikasi

    BalasHapus
  24. saya guru SMP N 1 Bolano Lambunu mengajar IPA Fisika 12 Jam dengan tugas tambahan Wakasek tapi setelah saya lihat pada verifikasi data saya JJM 0 dan tugas tambahan juga 0, Tolong gimana caranya supaya bisa masuk tugas tambahan dan jam mengajar

    BalasHapus
  25. sya mw tnya untuk proses drug ptk untuk mengisi jjm apakah harus dilakukan setelah data ptk yg lain valid ?jika data sdh drug kmudian ada data yg perlu diperbaiki apakah nama ptk trsebut perlu ddrug ulang kmudian diisi jjm ulang atau tidak?saya berkali2 cb untuk mengecek data tp kok tdk bsa.apakah sistem msh dalam perbaiakan

    BalasHapus
  26. jabatan fungsional untuk guru gol II c dan IIIa apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jabatan fungsional guru golongan II tak ada sekarang do, Mas.. ehh.. Mbak... ehhh

      Jabatan fungsional guru golongan IIIa dan IIIb adalah Guru Pertama. Golongan IIIc dan IIId Guru Muda. Golongan IVa, IVb, IVc Guru Madya. Golongan IVd dan IVe Guru Dewasa. Kalau salah mohon korekasi.

      Hapus
  27. assalamualaikum saya guru SD bermasalah dengan data dapodik. ketika menginput data PTK kedalam PTK mengajar bermasalah. (keterangan PTK atas nama .... tidak memiliki record terdaptar sehingga tidak dapat di input padadata mengajar. mohon pencerahan, tq

    BalasHapus
  28. saya guru ips smp, mengapa NUPTK saya dikatakan belum sesuai, warning: kode NUPTK salah input di dapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mempnyai masalah yang Warning:kode nuptk salah input di dapodik... saya telah cek di browser NUPTK versi baru.. tiadak masalah.. saya Cek ulang penginputan PTK di aplikasi pendataan sudah benar.. tidak ada kesalahan pengetikan.. sy coba kirim lagi ke server.. tapi hasilnya belum berubah.. salahnya di mana ?? mohon pencerahannya, terima kasih..

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Saya Operator Dapodik SMPN 3 Benai. Ada tiga guru kami yang belum melegakan hati. Berikut ini permasalahannya:
    1. Guru PAI, Kode Mata Pelajaran PAI (sertifikasinya) tak terdeteksi oleh data base.
    2. Jam Mengajar Guru Matematika nol
    3. Data gutu di p2tk tak dapat dibuka, karena tanggal lahirnya tak cocok. (menurut web)

    Semua data telah saya cek kebenarannya. Semua data yang saya entri dan saya upload sudah benar. Semua sudah sama (sudah saya downlod dari blog pendataan)

    Mohon penjelasan. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. guru PAI datanya ada di kemenag
      2. kpn nol..mungkin blm sinkron, kode sert. tdk sama
      3. sesuaikan tgl lahirnya

      Hapus
    2. Terima kasih atas tanggapannya.
      Untuk guru matematika, jam mengajarnya sampai sekarang belum muncul.
      Untuk tanggal lahir telah cocok. Gimana lagi caranya? Apa ada cara yang lain?
      Saya khawatir mereka tidak mendapatkan tunjangan yang merupakan haknya.

      Jika saya meng-upload data lagi, apakah akan mempengaruhi data teman-teman yang sudah valid? Saya khawatir setelah meng-upload lagi data yang sudah valid malah menjadi tidak valid lagi.
      Makasih.

      Hapus
  31. pa mau tanya saya operator dapodik 3 hari kebelakang saya mengaplod data pas saya liat d dapodik dan info pendataan keterangannya berhasil di proses dengan pengecualian apakah mempengaruhi terus apa yang harus saya lakukan pa mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca di http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/keterangan-status-file-pengiriman-data.html

      Hapus
  32. batas waktu untuk mengupload data semester satu sampai kapan? kpn wktu untuk mengupoad data sester 2?untuk data semster 2 apakah msh dg versi yg sama apa tdk ? mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sdh saatnya upload sem.2 versi aplikasi harus 1.13.0.1

      Hapus
  33. Bagaimana cara menyesuaikan masa kerja di data PTK karen masa kerja saya seharusnya 16 tahun tapi tertulis di situ 13 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MASA KERJA DIHITUNG BERDSRKAN SK, TMT PENGANGKATAN DAN SK, TMT KGB (KENAIKAN GAJI BERKALA)
      perbaiki di Formulir PTK, isi SK dan TMT KGB
      dan isi pd riwayat kenaikan berkala

      Hapus
  34. Untuk kolom email apa harus di isi trus mohon penjelasan apa yang dimaksud "warning"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya email hrs diisi, stp PTK hrs pny email..utk konfirmasi kelengkapan data

      Hapus
  35. bila pada bulan maret ini masih ada data ptk yg belum valid, apakah msh ada kesempatan untuk revisi data dan upload data lagi ? dan kapan batas waktunya ?

    BalasHapus
  36. Mas Agus ! kami peserta sertifikasi angkatan pertama (2006)untuk tingkat SMP, salah satunya saya yang mengajar IPA (Fisika)bidang sertifikasi Pengetahuan Alam (IPA Terpadu, fisika), setelah saya cek beserta rekan seangkatan semuanya kode Bidang Studi Sertifikasinya 027, padahal saya mengajat IPA (Fisika)dengan No. Kode 097, begitu juga yang mengajar Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPS.ternyata setelah ditelusuri pada Sertifikat Pendidik Nomor Peserta saya adalah 06020902700033, sedangkan Nomor Sertifikat Pendidiknya 100609700042. Tolong kami besrta rekan seangkatan kasih solusi untuk memperbaiki/mengubah Nomor kode Bidang Studi Tersebut sehingga menjadi sinkron dengan bidang sertifikasi(Info pada Data PTK,semua rekan saya JJM nya 0 (nol).

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diisi di aplikasi nomor sertifikat pendidiknya bukan nomor peserta
      nomor peserta itu mungkin salah cetak/ketik seharusnya 097..perbaiki sendiri saja dan langsung dikirim

      Hapus

  37. maaf, saya Oerator dari sebuah SD di Pedalaman Sumatera Selatan pak.
    mau tanya.
    kira - kira berapa lama data di Website berubah setelah data DAPODIK sudah diterima dan lolos verifikasi.
    karena 4 hari yang lalu data sudah diterima dan di verifikasi sampai sekrang data di Website P2TK masih belum berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya 1 minggu sdh bisa sinkron..lihat statusnya sudah berhasil atau blm..cek Manajemen pendataan, trs cek di verifikasi lihat hasil verifikasi guru di bagian atas ada keterangan tanggal pengiriman

      Hapus
  38. Salam, website untuk mengecek setelah upload dapodik dimana pak agus.
    Saya buka di http://116.66.201.163:8083 selalu "tidak tersambung"
    ada solusi lain selain di alamat tersebut atau bagaimana...
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat webnya ya itu..memang kadang2 sulit,dicek terus cari waktu yg tdk sibuk..malam atau pagi

      Hapus
  39. Salam..
    Saya operator di SMP 3 Kudus, mau tanya, kami sudah mengirim data semester II ke server dapodik 10 hari yang lalu, tapi setelah kami cek verifikasi data guru ternyata belum ada perubahan, status cek konversi, di manajemen pendataan juga cek konversi,tapi di verifikasi data guru tertera tanggal yang baru yaitu (09-04-2013), kalau seperti itu gmna?mungkin mas Agus Fanani ada penjelasan, terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw di verifikasi sdh tertera tanggal pengiriman terakhir, berarti data sdh sinkron, dan klw blm ada perubahan dipastikan pengisian data blm benar

      Hapus
    2. Tapi di manajemen pendataan (pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id) status data terakhir masih cek konversi, kalau seperti itu gimana?apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan?mohon bantuannya..terima kasih..

      Hapus
    3. Tapi di manajemen pendataan (pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id) status data terakhir masih cek konversi, kalau seperti itu gimana?apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan?mohon bantuannya..terima kasih..

      Hapus
  40. Ass...
    Saya Operator SMP di Bulukumba...saat ini saya mengalami masalah pada data PTK ku. Jumlah jam tambahan yang dimiliki seperti: Wakasek Kurikulum, Kepala Perpustakaan, dan Kepala Lab. tidak bisa dijadikan jumlah jam tambahan menjadi 24 jam sehingga datanya tidak valid. Kenapa seperti ini yang justru membuat saya semakin bingun...bisa dibantu saya dicarikan solusinya!!!

    BalasHapus
  41. Slm, saya adalah operator dari SD, data yang telah saya kirim ternyata ada beberapa yang tidak valid, salah satunya punya kepsek. Jam mengajar Kepsek yaitu : 3 jam di kls 4 (MAPEL IPS), 3 jam di kls 5 (MAPEL IPS), dan tugas tambahan sebagai Kepsek 18 jam. Setelah di cek di DAPODIK ternyata JJM Linear blm sesuai, yang dicantumkan hanya tugas tambahan -kepala sekolah-jumlah 18 jam,,,
    Data NUPTK Kepsek juga tidak valid
    atas nama
    H. M. NURAJI
    NUPTK : 7133731633200013
    Tanggal Lahir : 01 Agus 1953
    mohon tanggapannya,, terima kasih

    BalasHapus
  42. Salam operator...
    Pak Agus .. saya operator SMPN 1 Jampangtengah Kab. Sukabumi... mau tanya.. kalau mau merubah manual supaya kode bidang studi sertifikasi bagaimana.. (kalau bisa)soalnya ada kasus di sekolah kami ada guru yang sudah sertifikasi Tahun 2008 Kode Mapelnya 523, sedangkan yang di SMP kode mapelnya 224 (TIK) dan mengakibatkan data PTK guru tersebut Kode tidak diketahui, serta JJM Belum sesuai - JJM Sesuai masih kurang dari 24 jam.. mohon petunjuk dan solusinya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode akan otomatis dibaca oleh dapodik, kt hny memasukkan mata pekajaran yang diajar, dan nomor sertifikat pendidik

      Hapus
  43. Mas Agus dimana web untuk mencari tentang dapodik yang resmi dari Administratornya? kayak sekarang terlalu minim info dan bingung mau bertanya dengan siapa? masalah di sekolah2 sudah banyak akan jadi masalah jika dibiarkan berlarut2! salam Operator

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
      2. pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
      3. http://116.66.201.163:8083/info.php#
      4. http://116.66.201.163:8000/info.php#

      Hapus
  44. Mas Agus mohon info tentang situs resmi Dapodik untuk bertanya! karena banya permasalahan yang belum jelas jawabannya dan solusinya dan akan menjadi masalah jika dibiarkan berlarut2

    BalasHapus
  45. mas agus... banyak sekali dalam dopodik, kenapa mas cuma hanya jam pelajaran saja yg diakui oleh dapodik, sementara tugas guru bukan jam saja tp piket, ketua jurusan2 lain jg banyak ..... sepertinya Dapodik kurang paham dengan apa yg tejadi dilapangan tp hanya terpaku pada jam mengajar saja...... apakah dengan jam seperti itu aktivitas guru sdh maksimal?? banyak guru yg ngejar2 jam sementara mengajar dikelas diabaikan,sibuk kejar jam .... malah ndak efektif guru seperti itu, malah adayg dikorbankan teman sejurusan demi menutupi jam yg kurang, banyak sekali problem di DAPODIK..... harapan saya semg KENDIKNAS PUSAT lebih terbuka matanya kedepan agar MUTU PENDIDIKAN lbih maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapodik dibuat utk meluruskan dan agar kembali pd peraturan yg sdh dibuat, tdk ada yg dibuat-buat, semua hrs sesuai peraturan, mohon baca kembali pengaturan jam mengajar utk guru

      Hapus
  46. Mas Agus, Kl Sertifikasinya Bhs. Inggris, di rombel apakah tetap di Bhs. Inggris atau ke Mulok Bahasa Daerah.
    Mohon pencerahannya. trima kasih.

    BalasHapus
  47. Ass..
    Saya operator SMP Negeri 1 Banda Aceh.
    Ada PTK yang sudah memenuhi syarat tapi SK ditunda, itu kenapa ya mas ..

    BalasHapus
  48. Ass..
    Saya Operator SMPN 1 Banda Aceh.
    Ada PTK sudah masuk memenuhi syarat tapi SK ditunda, it kenapa ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @adhy : yang linier ya bahasa inggris

      @Jasmine Aja : Sk bertahap, tunggu saja

      Hapus
  49. Assalamu'alaikum.. maaf pa, mw tanya, saya sudah mengisi semua guru d masing2 rombel, termasuk guru mapel.. tapi kenapa ada yang JJM linearnya masih 0 ??
    terima kasih untuk jawabannya..

    BalasHapus
  50. salwajean@yahoo.com24 April 2013 pukul 22.53

    salam operator sy dari operator smp yapsa gunungputri, yg mo sy tanyakan diaplikasi pendataan kenapa KEpsek tidak bisa mengajar dan masuk di setiap rombel padahal kepsek juga kan ngajar...sehinngga di verifikasi data yg timbul jjm nya cuma kepala sekolah sedangkan jjm ngajarnya tidak timbul, bagaimana solusinya. haturnuhun kang...ditunggu penjelasannya

    BalasHapus
  51. Mas Agus, saya operator di sebuah sd di tangerang, kode sertifikasi bidang studi kepala sekolah 061, bimbingan dan konseling. JJM linier 0. Mata pelajaran apa yang harus saya pilih untuk kepsek agar JJM linier nya tidak 0? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Krisyun : jjm linier berdasarkan kesesuaian sertifikat dan mata pelajaran

      @salwajean : kepsek diisi mata pelajaran cukup 6 jam

      @Wening : kasih bahasa inggris saja 2jam 3 rombel

      Hapus
  52. Mas Agus sebelumnya terima kasih telah membuat BLOG yang sangat bermanfaat bagi kami.mau nanya ni mas status update data di infopendataan BERHASIL DI PROSES kenapa di P2tk belum berubah masih data lama + tanggal pengiriman lama.MATURSUWUN (varid operator SD N 2 Kesugihan,Ponorogo)

    BalasHapus
  53. met sore mas Agus...d sekolah sy ada 2 guru maematika dengan jumlah kelas 6,apakah update data ini hanya untuk mendapatkan tunjangan profesi saja atau ada dampak lainnya,krn sy dianjurkan untuk lolosin satu guru saja kemudian tunjagannya di bagi 2,jd guru yg lain jumlah jamnya 0 jam...apakah ada dampak lain akibat dari o jam tsb atau tetap harus cari jam diluar..
    atau hanya tidak dapat tunjangan profesi saja..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau aman sih..cari jam tambahan, apa dengan tugas tambahan, atau cari di sekolah lain..atau pecah rombel, tambah jam pelajaran misal b.ind 4 jam jadi 6 jam yang penting jumlah tidak lebih 36 jam

      Hapus
  54. kami sudah mendapatkan SKTP tetapi dinas pendidikan setempat kembali menyeleksi dan menganulir guru2 yg mengajar mapel yg tdk sama dgn sertifikat, padahal dapodik mengakui jam mengajar linear diluar sertifikat .. gimana tanggapannya pak???

    BalasHapus
  55. MAS AGUS punten saya ali guru bahasa inggris di SD pedalaman di daerah BANTEN dan mau mengajar di SMK NEGERI juga, SAYA telah masuk data dapodik di SD, PERTANYAAN saya pa agus, apakah saya harus ikut mengisi data PAS yg dari SMK atau ambil jumlah ngajar'y saja karna kebetulan saya sama2 ngajar b.inggris di SD atau d SMK ATAU gmn pa????? dan apakah data PAS dan dapodik akan bentrok jika kita isi semuanya karna yg saya tahu kita hrs mengisi salah satu data saja???? mkasih pa sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau mengajar dan aktif di dua-duanya, kenapa gak didata semua saja, kan bisa untuk jam tambahan

      Hapus
  56. Mas,,di tempat saya ada salah satu guru yg ngajar di kelas 5 tapi yg keluar di info pendataan malah jadi guru kelas lain,,salahnya dimana y.?

    BalasHapus
  57. Mas,,di sekolah saya, online data kami dilakukan pd Oktober 2012, tp data2nya banyak yg blm valid. pertanyaan saya: mungkinkah data2nya nanti akan valid seperti yg trjdi pd kasusnya Mas? ataukah kmi harus segera lakukan perbaikan data? pertanyaan kedua Mas: thn ajaran baru ini nanti saya akan pindah ke sekolah baru (pindah ke SMP, sekarang saya di SD), bagaimana saya bisa mendaftar pada DAPODIK SMP baru itu ataukah saya butuh NUPTK baru? trimkasih banyak yah atas infonya.GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau data gak valid gak diperbaiki ya gak akan berubah..NUPTK bisa digunakan dimanapun dan kapanpun sepanjang PTK itu tugas aktif, kalau memang pindah tugas nanti di tempat baru kan bisa didata lagi

      Hapus
  58. Ass. Selamat malam Mas... Saya operator SMP Bani Harun Tenjo Bogor. di sekolah saya, ada guru yang sudah tersertifikasi mapel ips. jumlah rombel 4. untuk memenuhi kewajiban 24 jam, saya menambahkan jam pelajaran lainnya masing masing 2 jam, sehingga jumlah total 24 jam. tapi di jjm ktsp dan linier hanya mapel ips saja yang masuk (16 jam). Mohon petunjuk cara mengatasinya... Terima kasih
    Wass.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus mengajar IPS 24 jam, kalau kurang jam beri tugas tambahan wakasek, kep.lab, kep.perpus atau cari tambahan jam di sekolah lain

      Hapus
    2. Makasih Mas.. sudah valid mas.. lebih dari 24 jam malah. skali lagi makasih...

      Hapus
    3. Alhamdulilah dan valid mas.. tapi sk nya koq belum keluar juga.. knp ya mas...??

      Hapus
  59. mau bertanya ka, ini ada guru kelas 3 dan 6, jam mengajar dan ktspnya sudah 24 jam, namun linier masih 0, itu kenapa ya ka ?? mohon bantuannya ^_^

    BalasHapus
  60. Ass. Saya operator SMPN 35 Padang. Numpang Nanya Mas Agus, kenapa jam linear dan status kelulusan tidak keluar, dimana datanya guru seni budaya sudah lengkap semuanya dan sesuai dengan sertifikatnya? Apakah ini ada hubungan dengan guru Muatan lokal dengan sertifikat seni budaya yang sudah linear, namun data guru seni budaya tersebut jauh sebelumnya duluan dimasukkan serta diupload dengan benar. Mas, saya curiga juga dengan No.Peserta guru seni budaya tersebut mulai dari portopolio, plpg, UKG semuanya dgn kode 568 (seni musik klasik) sementara sertifikatnya kode 104? mohon penjelasannya mas!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak Ayub,kecurigaan pak ayub mungkin ada benarnya,kalau masalahnya seperti itu tidak bisa diselesaikan lewat dapodik tapi harus melalui operator dinas
      1. perbaikan NUPTK, database sertifikasi untuk merubah kode bidang studi pada sertifikat
      2.sebenarnya harus ada konversi dari 568 ke 217 (senibudaya) tapi itu wewenang LPTK
      3.perbaikan dapodik langsung melalui operator tunjangan profesi di dinas

      Hapus
  61. ass. saya mau tanya kemarin saat sudah uploud data semester 2 terus saya cek di pendataan dikdas statusnya berhasil diproses tapi data dapodik belum berubah

    BalasHapus
  62. Mas, mau tny apakah jam bahasa Inggris di DAPODIK masih diakui th pel 2013-2014 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja masih..kan kurikulum 2013 belum semua sekolah menerapkan

      Hapus
  63. apakah jika data jam mengajar linear tidak mencapai 24 jam mk tdk akn tersertifikasi pak ?

    BalasHapus
  64. Bapak saya operator SMP Yadika 8, saya sudah upload data dapodik tetapi poin 21 dan JJM linear guru gtt kami masih 0 padahl JJM sudah diisi.
    apakah poin 21 dan JJM linear akan terisi hanya untuk GTY saja?
    karena saya cek data GTT rata2 poin 21 dan JJM linear 0.
    Mohon infonya, terima kasih

    BalasHapus
  65. Cara menambahkan Jumlah Jam supaya bisa 6 Jam di dapodik dan Linier bagaimana mas? kalau maksimalnya cuma 4? ada solusi soalnya banyak guru ditempat sy yang mengajar 6 Jam

    BalasHapus