\ Membuat Random Teks dengan Fungsi =rand() pada Ms Word

Membuat Random Teks dengan Fungsi =rand() pada Ms Word

Share on :
Suatu ketika saya memberikan praktikum pada siswa di laboratorium komputer mengenai Microsoft Word. Materi yang disampaikan tentang membuat dokumen, memformat teks, dan pengaturan halaman. Biasanya saya akan berikan sebuah contoh teks yang sudah diformat sesuai dengan materi yang akan dipelajari, dan siswa disuruh mengetik sesuai dengan contoh, dan kemudian baru dibahas bersama. Tapi namanya juga anak-anak, biasanya disuruh ngetik malah banyak yang main-main, sehingga waktunya habis untuk mengetik teks yang hanya beberapa paragraf dan kalimat.

Ada rasa kesal sebenarnya pada situasi seperti itu, namun saya berfikir positif saja, membiarkan yang penting memperhatikan dan mau mengerjakan tugas, hitung-hitung belajar ngetik dan mengenal tombol-tombol keyboard. Sesekali boleh lah, mungkin untuk siswa kelas VII, tapi kalau kelas IX masih belajar ngetik terus materi yang disampaikan bisa-bisa terhambat. Terkadang anak juga merasa jenuh dengan apa yang kita sampaikan, bagi mereka pelajaran hanya biasa-biasa saja, nah pada saat seperti ini sebagai guru kita perlu membuat sesuatu hal yang membuat senang dan antusias kembali.

Akhirnya saya mencoba sesuatu yang baru, yang membuat siswa senang sekaligus terkesan. Misalnya saya perlihatkan kepada siswa dan saya tulis seperti ini :

=rand(2,3) lalu tekan enter

Apabila dijalankan pada Ms Word 2007, jadinya akan seperti ini…

On the Insert tab, the galleries include items that are designed to coordinate with the overall look of your document. You can use these galleries to insert tables, headers, footers, lists, cover pages, and other document building blocks. When you create pictures, charts, or diagrams, they also coordinate with your current document look.

You can easily change the formatting of selected text in the document text by choosing a look for the selected text from the Quick Styles gallery on the Home tab. You can also format text directly by using the other controls on the Home tab. Most controls offer a choice of using the look from the current theme or using a format that you specify directly.

Dan jika di Word 2003, jadinya seperti ini

The quick brown fox jumps over the lazy dog.  The quick brown fox jumps over the lazy dog.  The quick brown fox jumps over the lazy dog.

The quick brown fox jumps over the lazy dog.  The quick brown fox jumps over the lazy dog.  The quick brown fox jumps over the lazy dog.

Ya, mungkin sudah banyak yang tahu dengan fungsi ini, tapi saya belum terlalu lama mengenalnya, ini oleh-oleh dari Wisma Kinasih lo..

Fungsi =rand(angka1,angka2) gunanya adalah untuk membangkitkan sejumlah paragraf kalimat secara acak atau random. Jadi rand itu artinya random.

Fungsi rand() ditulis di awal baris dan keterangan rumusnya adalah :

=rand(angka1, angka2).
angka1 = jumlah paragraf
angka2 = jumlah kalimat per paragraph
jadi kalau kita gunakan rumus =rand(2,3) artinya kita akan membangkitkan teks sejumlah 2 paragraf, dan dalam satu paragraph terdapat 3 kalimat.

Inipun sebenarnya sifatnya hanya untuk mempercepat kerja bagi guru yang akan menjelaskan, tak perlu siswa diajarkan secara mendetail, nanti kalau siswa tahu cara ini malah gak mau ngetik tugas lagi, maunya pake rumus ini..Jadi guru menggunakan ini pada saat menjelaskan materi yang memerlukan teks yang agak panjang, daripada kita mengkopi teks dari dokumen lain, lebih baik kita gunakan rumus ini. Selamat Mencoba…


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Membuat Random Teks dengan Fungsi =rand() pada Ms Word. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Membuat Random Teks dengan Fungsi =rand() pada Ms Word ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Membuat Random Teks dengan Fungsi =rand() pada Ms Word sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

10 comments:

  1. mau nanya pak, saya operator dapodik. untk semester ganjil kmarin, data PTK dan Rombel kami bnyk yg salah, andaikan saya perbaiki disemeter ganjil ini apakah endak bermaslh? terus gimana yg semstr genap apakh data ptk harus sy verifikasi lg krn banyk jg perubahn tertama jmlh PTK, Rombel, dan jmlh siswa/timksh pak itu aja dulu

    BalasHapus
  2. Data PTK yang tidak lagi terdaftar (karena mutasi, atau pensiun ada pada Profil sekolah yang saya unduh.Mengapa demikian?Sejauhmana pengaruhnya terhadap kevalidan data?Apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  3. hai yang disana, salam kenal salam blogwalking
    yup rand adalah salah satu hidden program atau easter egg pada
    ms office, anda jg dapat menggunakannya di excel :)

    BalasHapus
  4. mau tanya, untuk tenaga Pengawas bagaimana mengirimnya??? sedangkan aplikasi pendataan dikdas yang ada hanya untuk guru dan murid

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk pengawas entri data langsung di dinas hub. KK-Datadik

      Hapus
  5. sy udah coba tapi kok soalnya g teracak, mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketik di lembar kosong =rand(3,5) terus enter

      Hapus