\ Contoh RPP Berindikator Afektif, Psikomotor, Kognitif dengan Penilaian Proses dan Produk

Contoh RPP Berindikator Afektif, Psikomotor, Kognitif dengan Penilaian Proses dan Produk

Share on :
Idealnya, seorang guru melakukan penilaian hasil belajar berdasarkan 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajarannya. Dengan 3 aspek ini, bukan hanya produk atau hasil saja yang dinilai melainkan proses pembelajaran dari awal hingga akhir pelajaran. Karena penilaian proses juga penting.

Dalam contoh RPP berikut ini, setelah menentukan SK dan KD, kemudian menentukan indikator yang terdiri dari aspek kognitif yang memuat produk dan proses, aspek psikomotor dan aspek afektif. Kemudian menentukan tujuan pembelajaran secara kognitif, psikomotor dan afektif. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penilaian, dengan membuat lembar penilaian (LP) yang terdiri dari 5 jenis yaitu LP1 Produk, LP2 Proses, LP3 Psikomotor, LP4 Pengamatan Karakter, dan LP5 Pengamatan Keterampilan Sosial.

Contoh RPP ini hasil dari PLPG TIK (maaf saya lupa sumbernya, saya ucapkan terimakasih). Saya rasa, jika kita bisa membuat RPP model seperti ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan menyenangkan. Silakan dikembangkan sendiri, dengan melihat contoh RPP lengkap dengan LP1-5 yang dapat diunduh berikut ini....

Download RPP TIK Penilaian Proses dan Produk
Download Lembar Penilaian (LP1 - LP5)

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Contoh RPP Berindikator Afektif, Psikomotor, Kognitif dengan Penilaian Proses dan Produk . Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Contoh RPP Berindikator Afektif, Psikomotor, Kognitif dengan Penilaian Proses dan Produk ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Contoh RPP Berindikator Afektif, Psikomotor, Kognitif dengan Penilaian Proses dan Produk sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

0 comments:

Posting Komentar