Banyak fasilitas di Word 2003 yang fungsinya
lebih dioptimalkan dan disempurnakan pada Word 2007. Contohnya fasilitas Table of Contents. Pada
Word2003, sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia di menu insert Reference -
Index and Tables. Namun pada Wod2007, References sudah menjadi tab menu
tersendiri, dan salah satunya Table of Contens (TOC) dan cara penggunaanya pun
lebih mudah.
Membuat daftar isi memang mudah dan
pasti semuanya sudah bisa, hanya tinggal ketik daftarnya kemudian beri
titik-titik dan ketik nomor halaman. Tapi kelemahannya jika dibuat secara
manual, kita harus menulis daftarnya, kemudian kita cari dan lihat nomor
halamannya.
Nah… pernahkah membuat daftar isi dengan fasilitas Table of
Contens? TOC disediakan untuk memudahkan membuat daftar isi, misal kita membuat
laporan mulai dari halaman judul sampai dengan bab terakhir jadi satu dalam
satu file, kemudian kita akan buat daftar isi dengan TOC, kita tuju halaman
teks yang akan dimasukkan e daftar,misal Bab I Pendahuluan, blok teks tersebut lalu klik add
text kita pilih level 1 dan klik update table, maka secara otomatis Bab I
Pendahuluan masuk di daftar isi lengkap dengan tanda titik-titik dan nomor
halamannya, kemudian kita menuju ke halaman sub bab 1.1 Latar Belakang, klik
add text dan pilih level 2 dan klik update table, dan seterusnya.
Jika ingin lebih jelas sebaiknya langsung
ke TKP saja. Buka dokumen laporan lengkap dan beri nomor halamannya. Kemudian
siapkan halaman kosong untuk membuat Table of Contens. Dan ikuti
langkah-langkah berikut ini :
1. masuk
menu references
2. klik
table of contents (di bagian kiri)
3. a.
pilih automatic table 2
-> akan muncul pesan
cara2 menambahkan elemen daftar isi
b. pilih insert table of content,
jika level TOC lebih dari 3
-> atur show levels = 9
(atau sesuaikan dgn keinginan)
4. atur
posisi kursor di bagian dokumen yang akan ditambahkan ke dalam TOC (misalnya
kata pengantar)
5. klik
add text
-> bagian add text mengubah bagian dokumen yg aktif,
apakah tidak akan ditambahkan pada daftar isi (Do Not Show in TOC) atau akan
ditambahkan berdasar level (level 1, level 2, level 3, dst)
6. klik
update table, untuk menambahkan elemen dokumen tsb ke dalam TOC
7. ulangi
langkah 4 dan 5 untuk menambahkan elemen dokumen yang lain.
Catatan :
a. format
dokumen(teks) akan berubah, namun dapat diubah ke bentuk lain secara manual.
b. add
text, tidak secara otomatis menambahkan elemen dokumen ke dalam TOC
c. update
table memiliki 2 pilihan :
-
update page numbers only : hanya memperbaharui nomor halaman
-
update entire table : menambahkan elemen baru TOC
d. jika
dokumen diubah, sehingga jumlah halaman berubah, TOC harus di update dengan
cara mengklik update table -> update page numbers only.
Selamat Mencoba..semoga
bermanfaat..
Anda sedang membaca artikel yang berjudul Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)
Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .
BalasHapussama2..sob
Hapustips mantab, patut dicoba!
BalasHapusArtikel yang bagus, terimakasih sharingnya, silahkan kunjungi
BalasHapuswebsite kami
nice info!! thanks
BalasHapusvisit mine: muhammad solehuddin https://uhamka.ac.id/