\ Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

Share on :
Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan keakuratan pendataan pendidikan nasional. Seringnya terjadi kesimpangsiuran dan ketidakvalidan data menyebabkan terhambatnya kegiatan di sektor pendidikan karena belum ditunjang dengan teknologi dan informasi yang memadai. Sebagai upaya percepatan pendataan Data Pendidikan, pemerintah pada tahun ini memperkenalkan pendataan secara online, melalui software (aplikasi) yang tersedia di website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Sekolah yang sudah memiliki aplikasi pendataan selanjutnya melakukan entry data berupa data sekolah, data pendidik dan tenaga kependidikan, dan data siswa selengkap-lengkapnya. Setelah terisi lengkap kemudian dikirim secara online.

Untuk mengetahui data sekolah sudah terkirim atau sudah diterima oleh server caranya yaitu :
-          Kemudian pada menu Beranda, lihat table report progress pendataan pendidikan dasar 2012
-       Cari propinsi yang sesuai, lalu klik tanda plus (+) pada samping kiri nama propinsi, maka akan terbuka daftar nama kabupaten, kemudian klik lagi tanda plus pada kabupaten untuk melihat daftar kecamatan, lalu klik lagi tanda plus pada nama kecamatan maka akan terlihat nama-nama sekolah yang ada pada kecamatan tersebut, lalu cari nama sekolah kita, apabila sudah diterima maka aka nada keterangan tanggal diterima dan statusnya, jika tertulis berhasil diproses berarti sudah diterima server, jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.

Selanjutnya jika data sudah berhasil diproses, kita dapat mengakses data sekolah secara online dengan cara :
-          Buka http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
-          Maka akan muncul gambar seperti ini


-          Kemudian isi username dan password operator sekolah.
(ingat username dan password ketika membuka aplikasi (software) pendataan sekolah)
-          Jika username dan password benar, maka akan tertulis “login berhasil, tunggu sebentar”
-     Setelah dapat membuka, maka tampilan seperti pada aplikasi pendataan, menu terdiri dari Beranda, Sekolah, dan Register Pengiriman.
-        Untuk melihat data sekolah, data PTK, dan data siswa klik menu Sekolah di sebelah kiri atau klik Tab Data Sekolah pada bagian atas.
-          Untuk menampilkan data, klik nama sekolah kita yang tercantum pada daftar sekolah
-        Lalu kita dapat menampilkan data sekolah, daftar sarpras, daftar rombel, daftar siswa, dan daftar PTK dengan mengklik satu persatu tab yang berada pada bagian bawah.
-          Jika data tidak tampil pastikan nama sekolah di klik terlebih dahulu.

Sebagai perhatian, bahwa isi data pada web sepenuhnya menjadi tanggung jawab operator sekolah, maka pergunakanlah sebaik-baiknya dan simpan username dan password jangan sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, karena data ini merupakan milik sekolah.

cara mencek kualitas data KLIK DISINI

untuk melihat pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan kesalahan data KLIK DISINI

bagaimana cara memperbaiki data yang belum valid KLIK DISINI



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

442 comments:

  1. Saya operator SMP, cara untuk mengedit data Dapadik guru yang salah ( gaji pokok, email, dll) menggunakan aplikasi pendataan ditjen dikdas, tidak ada rincian gaji pokok ( tab ubah rincian PTK) caranya gimana pak, maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua rincian data yg ada di aplikasi bs diedit kecuali gj pokok. jika isian data PNS:gol/pangkt,sk,berkala,sertfikasi sudah benar mk sistem otomts membaca dan gaji pokok akan muncul sendiri..

      Hapus
  2. selamat siang pak suga,, mau bertanya nii pendataan ini dimulai kapan pak ?? apakah dimulai 2013 atau sekarang trus bagaimana caranya untuk mengedit data guru soalnya operator dari sekolah saya kok katanya belum ada pendataan dapodik ?? padahal ini dasar semua dari dapodik >> mohon saran bagaimana langkah saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendataan ini di bebrp daerah sbnrnya sdh dimulai awal tahun ini,tp di Lampung br awal thn ajaran, sbg dasar dapodik sekolah pd tahun2 mendatang semua sdh online

      Hapus
  3. Assalamu alaikum, Untuk cek data dikmen gimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id/sipdikmen/html/index.php

      Hapus
  4. maaf pak saya dari sd di denpasar,mau nanya masalah data yang dikirim lewat email thu seperti apa yaw? saya belum mengerti ini pak... mohon bantuannya pak..... trimakasih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. email utk konfirmasi dari pusat ke msg2 PTK,jika ada data kurang dll akan diberitahukan via email, mknya setiap PTK hrs pny email

      Hapus
  5. Maaf pak saya operator SD, mau tanya mengapa data saya sendiri yang di p2tk dikdas tidak muncul setelah saya masukkan NUPTK dan tanggal lahir sebagai passwordnya? TMT angkatan saya (CPNS 01-01-2008 tetapi pd SK CPNS sudah terhitung masa kerja 4 tahun,saya mengisikan SK pertama 2008. Apa mungkin itu penyebabnya apa yang lainnya? Mohon bantuannya pak...terimakasih banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin NUPTK salah atau tanggal lahir salah

      Hapus
    2. coba pakai password tahun-hari-bulan mungkin pengisiannnya pakai format yang spt itu

      Hapus
  6. saya salah satu operator SD pak, mau numpang tanya. ketika saya entri data riwayat kepangkatan dan riwayat gaji berkala sudah sesuai dengan data SK pada masing-masing PTK. tetapi setelah saya validasi kemudian saya upload (kirim ke server), saya cek ulang ternyata yang muncul di riwayat kepangkatan dan riwayat kenaikan gaji berkala kok jadi gak karuan ? (SK milik PTK lain malah muncul pada rincian salah satu PTK yang saya buka)solusinya bagaimana pak ? mohon petunjuk, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..kenapa ya..data sy gak begitu tuh..coba cek lagi di aplikasinya

      Hapus
    2. aplikasi ini kadang ga bisa kelamaan dibuka. klo terjadi percampuran data biasanya saya restart aplikasi baru input lagi, klo masih terjadi, pindahkan aplikasinya ke komputer lain

      Hapus
  7. saya salah satu operator SD pak, mau numpang tanya. ketika saya entri data riwayat kepangkatan dan riwayat gaji berkala sudah sesuai dengan data SK pada masing-masing PTK. tetapi setelah saya validasi kemudian saya upload (kirim ke server), saya cek ulang ternyata yang muncul di riwayat kepangkatan dan riwayat kenaikan gaji berkala kok jadi gak karuan ? (SK milik PTK lain malah muncul pada rincian salah satu PTK yang saya buka)solusinya bagaimana pak ? mohon petunjuk, trimakasih

    BalasHapus
  8. SELAMAT SORE BAPAK. MAU TANYA APA SELAIN DATA KOLEKTIF YANG DI ENTRY OLEH OPERATOR SEKOLAH, JIKA ADA PERUBAHAN ATAU PENAMBAHAN DATA SALAH SATU PTK BISA DI KIRIM SENDIRI SECARA ONLINE TANPA HARUS MENGEDIT MENGEDIT YANG SUDAH DI ENTRY OLEH OPERATOR SEKOLAH? TERIMAKASIH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diedit dan dikirim scr kolektif via aplikasi dapodik sekolah

      Hapus
  9. perubahan data yang kirim kan apa harus menggunakan aplikasi atau cukup kita mngetik dengan menggunakan word atau excel? thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. melalui aplikasi dapodik sekolah, lalu kirim ke server

      Hapus
  10. salam kenal mas interes blog bos

    BalasHapus
  11. trims banyak pa atas infonya...

    BalasHapus
  12. ass. knapa belum direspon mengenai perbaikan NUPTK atas Nama SUHARNI. S. Pd dengan NUPTK brunya (2047751652300003)yang bru2 sya Upload terus atas nama Hj. ST. Mariati, S.Pdi tgl lahirnya yang betul ini 08/12/1956

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak..mungkin sistemnya yg belm merespon

      Hapus
  13. maaf pak saya dari SDN Bulak IV Indramayu mau nanya kenapa data guru yang saya kirim kebayakan point no 17 yang kosong padahal di dapodik nya sudah saya isi ? terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode no.17 adalah kode bidang studi sertifikasi, sumbernya dari data PTK yaitu no. sertifikat pendidik, no. NRG, kode bid.studi sertfikasi dan tahun sertifikasi..jika itu sudah benar maka pasti akan dianggap valid terutama no. NRG

      Hapus
  14. maaf pak gmn cranya memperbaiki data lewat online?? saya dari sd di denpasar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan data hny bs dilakukan melalui software/aplikasi dapodik sekolah lalu kirim ke server secara online

      Hapus
  15. Pak, saya operator SD. mau tanya. bagaimana cara memunculkan jam mengajar pada data pribadi ptk ? dan bagaimana cara mengedit data yang sudah diuploud namun belum terecord ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca di http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/bagaimana-cara-perbaiki-data-ptk-yang.html

      Hapus
  16. selamat siang pak, saya operator SD, saya mau mengirim data terbaru aplikasi pendataan dikdas yg terbaru untuk bulan satu ini 2013 bIsA gak pak,,? kalau umpamanya tidak bisa bulan berapa lagi bisa ngirim data2 aplikasi sekolah kami lagi paK,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja pak..setiap ada perubahan data kita kirim saja ke server

      Hapus
  17. selamat pagi, saya operator sd.
    saya sudah entry data dapodik dari tgl 22 desember kemarin.
    tapi masih berstatus diterima via aplikasi.
    kira2 kapan kapan diproses oleh server pak....
    mohon penjelasannya... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi jg..dapodik sy statusnya sama dengan ibu sy krm tgl 02 januari..biasanya 3 hari udh brhsl proses tp kok skrg agak lama, sy sdh 5 kali kirim, tunggu aja bu..

      Hapus
  18. Pak saya seorang guru di kab. Pesawaran, mau tanya pak, kapan ya limit entry data dapodik? soalnya operator d sekolah saya blm memberitahukan kepada kami. terimksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy kurang tau kpn limitnya,tp sprtinya sampe skrg msh bisa diperbaiki..soalnya data itu utk semua bantuan/tunjangan

      Hapus
  19. Ass n selamat malam pak.... saya operator SD di Riau pak, saya mau tanya mengapa pada poin 17 itu data nya fatal ya pak sementara sudah di cek semua nomor sertifikat, NRG dan kode bidang studinya udah benar semua. dimana lagi kesalahannya ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat status data ibu yg diupload sdh berhasil diproses atau belum, klw sdh berhasil diproses tinggal tunggu proses transfer ke p2tk

      Hapus
    2. terima kasih pak,, pak jika NUPTK salah bisa berpengaruh pada poin 17 ngak??

      Hapus
    3. wah..klw NUPTK salah,berpengaruh pd semuanya donk..krn basis datanya NUPTK

      Hapus
    4. Owh gitu yaa pak.... tapi bisa di perbaiki dan dikirim ulang yaa pak... NUPTK yg salah tersebut valid aja datanya kecuali poin 17 aja yg bermasalah ngak valid... terima kasih pak....

      Hapus
  20. Saya mau tanya pak bagaimana Poin No. 17 & 19 itu sudah kami isi tidak valid atau FATAL Tolong penjelasan. Thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda baca http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/bagaimana-cara-perbaiki-data-ptk-yang.html

      Hapus
  21. Maaf Mas bOs ngangu....Data kami sudah masuk dengan tulisan "cek konversi" Maksudnya gimana...? terus ada tulisan " data yang telah diterima sempurna dan lolos proses validasi akhir...tolong dikasih penjelasan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu aja bos..sampai berhasil diproses

      Hapus
    2. oooo berarti 'cek konversi ' itu proses keberhasilan data ya bos.....?

      Hapus
  22. ass,,,pak, knpa nma guru yg udah wafat masih muncul datanya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca di info tentang kelengkapan data ptk pada point 11, utk guru wafat, Akan di update kelengkapan variabel di tahun 2013

      Hapus
    2. pak...jika di pengriman uda tertulis berhasil diproses,tp ternyata data msh ada kekeliruan,apakah saya bisa mengirim lagi stelah data tersebut saya perbaiki? mohon penjelasannya.

      Hapus
  23. Dapodik yg sdh di kirim ke server bisa ditimpa lagi ya pa ya???

    BalasHapus
  24. Maaf Mas bOs ngangu....Data kami sudah masuk dengan tulisan "diterima via web" Maksudnya gimana...?

    BalasHapus
  25. Mau tanya Pak,kalau statusnya diterima via web,apakah sudah bisa untuk cek kualitas data PTK?atau masih harus menunggu statusnya menjadi berhasil diproses,mohon penjelasannya.Terima kasih

    BalasHapus
  26. tunjangan guru yang masih pendidikan apa saja?
    persaratannya apa saja?

    BalasHapus
  27. Kalau status data diterima via web,apakah sekolah tetap harus mengirim data lagi melalui aplikasi?Mohon penjelasannya.Terima kasih

    BalasHapus
  28. Mengapa kami guru tidak tetap tidak memenuhi syarat untuk menerima tunjangan profesi,padahal kami sudah berapa menerima tunjangan tersebut. Mohon penjelasannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek data ibu di dapodik sekolah,isi selengkap-lengkapnya

      Hapus
  29. data ini untuk guru SD atau SMP atau dua2nya..

    BalasHapus
  30. apa yang harus saya lakukan jika status dapodik sekolah kami diterima via aplikasi, mohon jawabannya dengan sangat. terima kasih.

    BalasHapus
  31. selamat siang pak suga,,saya seorang guru SMP di kabupaten bengkulu tengah provinsiu Bengkulu ,, saya ada prmasalahan sewaktu saya mau login pengecekan data guru sertivikasi atau verifikasi data, data itu tidak bisa dibuka karana dikatakan disana salah tanggal lahir, padahal pada data PTK dapodik tanggal lahir saya sudah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. guru2 lain bisa login,knp bpk gak bisa ya? coba diteliti lg NUPTKnya,tanggal lahirnya mungkin terbalik, cek diaplikasi dapodik

      Hapus
  32. Ass,, pak jika status file sudah di proses tapi kok saya cek di verifikasinya belum berubah pak?? apa datanya nnti berubah dg sendirinya sesuai dengan data yang baru di kirim ke server? berapa lama biasanya pak berubah di verifikasinya pak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau brp lamanya sy gak tahu,mungkin tinggal nunggu proses tranfer dr dapodik ke p2tk

      Hapus
  33. Bapak Status dapodik sekolah kami SD Negeri Kratonan No. 3 (Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jateng) adalah TIDAK ADA PERUBAHAN, mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk lebih yakin..sy sarankan lbh baik perbaiki datanya,kemudian kirim lagi ke server

      Hapus
  34. Assalamu'alaikum..
    kalau misalnya ngedit datanya langsung dari web dapodik apa bisa??
    terimaksih

    BalasHapus
  35. askum mas brooo.......data saya yg baru sudah berhasil diproses tapi kenapa waktu saya saya cek verivikasi data PTK kok masih data lama......? mohon penjelasanya....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhasil diproses di dapodik,tp mungkin blm diproses ke p2tk

      Hapus
  36. saya sudah perbaiki data guru via aplikasi tp kode bidang studi sertifikasi masih banyak yang salah pak?padahal saya mengisi sesuai data yang benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek nomor sertifikat pendidik,NRG,kode bidang studi

      Hapus
  37. maaf pak permisi, saya operator SD. saya ingin bertanya. melalui data yang saya lihat melalui info data PTK di ada kesalahan di poin ke 12 dan 13 yaitu "sedang kuliah" dan "bertugas di wilayah khusus" kalau boleh tau Bagaimana cara memperbaiki nya.

    BalasHapus
  38. satu lagi pak maaf ni,saya operator SD bagaimana cara mengganti nama tugas tambahan untuk wakil kepala sekolah. di data tersebut "nama tugas tambahan kosong (tidak terisi)" seharus nya wakil kepala sekolah. bagaimana ya pak?? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat di http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/bagaimana-cara-perbaiki-data-ptk-yang.html

      Hapus
  39. Mohon maaf mau tanya apa sekarang aplikasi pendataan dapodik di ofllinekan...? kalo di oflinekan berarti data kami tidak bisa dikirim lagi.....?

    BalasHapus
  40. IYA nih pak mau nanya juga udah cek di web dapodik gak bisa dibuka...offline kah servernya..bingung mumetttttttttttt

    BalasHapus
  41. Selamat malam pak, knapa server dapodik tdk bsa dibuka? truz di aplikasi pendataan juga offline truz,.
    Apakah data tdk bsa di ubah lagi?

    BalasHapus
  42. Betul Pak, saya juga mau kirim data tapi server kok offline terus, gmana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah servernya sudah online

      Hapus
  43. pak saya mau tanya, dalam data saya no. 17 tertulis fatal, dan saya memang belum sertifikasi, apakah hal tersebut berkaitan ? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jelas, krn poin 17 berkaitan dg sertifikasi

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. MAS,. Saya mau nanya bagaimana dengan guru yang mengajar disekolah lain.,, jadi kami mengentry jam mengajarnya dimana.,, agar terbaca oleh aplikasi/server., terimakasih

    BalasHapus
  46. Mau Tanya pak, saya guru merangkap operator sekolah.
    mau tanya, saya tidak bisa masuk ke cek data guru dg alasan pasword dan tanggal lahir salah, padahal data aplikasi yg saya buat sudah dicek semua benar. knp ya pak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba koreksi lagi, krn guru lain bisa login tuh..

      Hapus
  47. Maaf saya mau tanya....STATUS KEPEGAWAIAN ID buat GTT/PTT itu apa.....? Padahal status kepegawaian poin 7 saya isi buat GTT itu : Guru Honor Sekolah Tapi di Pois 19 sudah Muncul Guru Honor sekolah Malah tidak Falid.... terus poin 19 Seharusnya gimana.....? terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca lagi http://rodajaman.blogspot.com/2012/11/info-tentang-kelengkapan-data-ptk-pada.html
      verifikasi ini utk tunjangan..yg berhak mendptkan tunjangan adlh GTY/PTY atau Honda

      Hapus
  48. Saya mau tanya...
    setelah saya cek di : http://116.66.201.163:8083/info.php
    ada yangs lah pada data saya, di point no 17 dan 20.
    Padahal saya sudah cek lewat operator sekolah, data mentah sebelum di upload sudah benar.

    Mohon penjelasan, apa yang salah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lagi dg seksama..semua data hrs lengkap..kesalahan pasti pd aplikasi pendataan

      Hapus
  49. slmt pgi pk.. mw tya ni.sya kn tdi lht utk data dapopik sdn no. 7 lbuk nibung,kec. ket. tengah kab sintng. kalbar sdh dkrim tpi dket. lain dgn sklh klain yg sdah dkrim apa karena sekolah tsb blm memilki account ?dan bgamna cara seklah tsb mendptkny. .kbtln sya gbung dopertor dapodik yahoo group..mhon email sya :pranciskuspolwidanata@yahoo.co.id.trma ksh

    BalasHapus
  50. slmt malam pk..... z operator smp di kab. muna sulawesi tenggara my tanya ni kenapa dengan peserta sertifikasi tahun 2012 didata aplikasi dapodik sudah ada nrgnya dan tahun lulusnya tahun 2009 sementara guru tersebut lulus sertifikasi tahun 2012 mohon pencerahannya pak di email :smpnsatukosambi164@gmail.com

    BalasHapus
  51. salam, mohon bantuanya,mengapa kami tidak bisa masuk mengakses data sekolah online? padahal data sudah di proses walaupun blum validasi akhir, (ket: user tidak ditemukan),atas bantuanya/jawabanya kami ucapkan terima kasih,

    BalasHapus
  52. selamat pagi pak..mohon bantuannya.kenapa saya tidak bisa login di situs pendataan dikdas padahal username dan pasword yang saya masukkan sudah benar? apakah kita bisa melihat pasword dan username yang betul pada situs yang lain? terimakasih bantuanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan username dan password yg dipakai pd aplikasi pendataan sekolah..kita bisa mengganti password jika lupa coba lihat disini http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/dload/lupa-password.avi

      Hapus
  53. MAS,. Saya mau nanya bagaimana dengan guru yang mengajar disekolah lain.,, jadi kami mengentry jam mengajarnya dimana.,, agar terbaca oleh aplikasi/server., terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hrs diisi datanya di ke-2 sekolah tsb,di aplikasi pd kolom riwayat terdaftar isi sekolah induk dan bukan induk, jg di rwyt mengajar isi 2 sekolah

      Hapus
  54. apakah aplikasi sekolah bisa dicopy ke laptop yg lainnya. mngkin dalam perbaikan data atau penambahan data dapat dikerjakan 2 orang. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. o..bisa sekali..jngnkn 2..lihat video tutorialnya "Multi User" di http://rodajaman.blogspot.com/2012/12/download-file-seputar-aplikasi.html

      Hapus
  55. mengapa dapodik dikdas tidak dapat dilakukan online secara langsung? apa memang harus melalui aplikasi dapodik sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, memang hrs melalui aplikasi dapodik..yg di web hny bs dilihat dan utk verifikasi..lebih aman..

      Hapus
  56. mau tanya pak,,apakah guru yang belum sertifikasi pada poin 17 yaitu kosong(belum sesuai, padahal sudah dicantumkan belum sertifikasi)kemudian apa bedanya JJM, JJM KTSP dan JJM Linier..??
    Saya mengajar di kelas 3 dgn jmlah jam 26..
    pada poin 20, total jam mengajar saya 0.dan ada keterangan di bawahnya
    Rincian jam mengajar
    Kelas 3 semester 1 2012, JJM 26, JJM KTSP 28, JJM LINIER 26
    Kelas 2 semester 1 2012, JJM 29. JJM KTSP 27, JJM LINIER 0.

    Padahal sudah saya cantumkan dalam aplikasi data yang sebenarnya..mengapa bisa demikian, apa yang harus diperbaiki?? mohon bantuannya dan terimakasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bu, sy baru tahu ada JJM KTSP dan JJM Linear

      Hapus
  57. pak saya operator dari sdn ardimulyo 01 data semester 1 sudah saya kirim tngl 24 januari 2013. kapan kira2 bisa dicek hasilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu sj pak..cek terus sampai status berhasil diproses

      Hapus
  58. pagi pak,data sekolah saya sudah masuk ke sistem manajemen pendataan pendidikan, tapi saya cek di login verifikasi data PTK, setelah masukan NUPTK dan tanggal lahir masih gak bisa di liat/dibuka mohon jawabannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bpk cek data NUPTK dan tgl lahir yg di web Manajemen Pendataan..apkh sdh sesuai..coba pake NUPTK dan tgl lahir yg di web itu utk verifikasi

      Hapus
  59. Kenapa jam mengajar bisa double padahal di aplikasi pendataan cuma 1 jam mengajar,misal guru kelas 24 jam kenapa dibawahnya masih ditulias 24 jam lagi totalnya kan jadi 48??mohon bantuaannya cara mengatasinya!terimakasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin pengisian di kolom rombelnya

      Hapus
    2. Salam kenal pak agus, sebelum tgl 31 des saya sudah kirim data dan telah diproses hasilnya semua valid, karena ada satu orang teman yang datanya masih perlu diperbaiki saya kirim ulang lagi tanggal 18 januari setelah saya buka tanggal 24 ini ko jam ngajarnya menjadi berubah lagi jadi kurang, kenapa ya pa? Sy juga tanya py teman-teman dari SMP lain sama jg hasilnya jam ngajar berubah menjadi kurang, kenapa jadi eror lagi.

      Hapus
  60. Mas,. knp data yang sudah saya kirim k'server belum berubah, padahal sudah berapa kali di kirim keserver,. masih tidak berubah, tolong informasinya. trimakasih

    BalasHapus
  61. mf mas mnggangu.,, untuk rombel belajar jam mengajar jam guru sudah saya isi.,, 2 minggu yang lalu saya cek data JJM X benar.,, ternyata untuk hari ini tidak ada JJM x sama sekali.,, bisa dikatakan dgn "FATAL" padahal guru yang bersangkutan sertifikasi, jadi bagaimana ???
    mohon bantuan informasinya. trimakasih.

    BalasHapus
  62. siang pa...
    maaf pa saya mau tanya, salah satu guru kami yang sudah sertifikasi di P2TK dikdas JJM nya kosong padahal sudah saya perbaiki melalui aplikasi dapodik. sebagai operator saya bingung harus bagaimana, sudah saya coba kirim ulang tapi tetap JJM guru yang bersangkutan kosong.

    BalasHapus
  63. maaf pak saya operator sekolah tanya,,, tentang jam mengajar bagaimana ya mengisinya dari mana? selain itu di bagian romnbel saya tari ptk kenapa tulisannya data tidak ptk tidak terecord mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn belum terecord di riwayat terdaftar, jd pd kolom PTK riwayat terdaftar, semua PTK diisi ulang nama sekolahnya, coba aja..

      Hapus
  64. Maaf pak saya munier, operator SD Swasta. di SD kami semua gurunya ngga' ada yang PNS. kepangkatan dan NRGnya otomatis tidak ada? solusinya bagaimana

    BalasHapus
  65. pak apa maksud dari status file berhasil diproses tapi di status verifikasi belum diverifikasi?

    BalasHapus
  66. pagi pa,. saya mau bertanya,, untuk rombel belajar jam mengajar jam guru sudah saya isi.,, 2 minggu yang lalu saya cek data JJM X benar.,, ternyata untuk hari ini tidak ada JJM x sama sekali.,, bisa dikatakan dgn "FATAL" padahal guru yang bersangkutan sertifikasi, jadi bagaimana ???
    mohon bantuan informasinya. trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh saya cek.,, data tetap seperti itu., jd bagaimana., apakah mungkin dikarenakan ada nya JJM KTSP dan JJM LINEAR.

      Hapus
  67. saya suda kirim data perbaikan tolong di proses dan diverifikasi, atas bantuannya terima kasih

    BalasHapus

  68. malam pa, saya mau nanya, " Semula data dapodik saya dah benar atau dah ok tapi beberapa hari ini data dapodik saya ada masalah dipoin 20 jumlah jam mengajarnya 0 jam dengan keterangan belum sesuai padahal saya tidak melakukan perubahan data, kenapa pa "? Makasih.

    BalasHapus
  69. PAGI pak.,, saya manu nanya " untuk penyerotan data PTK drombongan belajar tidak dpat disorot ke kolom ruang kelas.,, data sudah saya export/import,. sudah saya refresh., saya minta tolong bagaimana cara mengatasinya,. tolong dibalas,. karna ini sangat penting. macasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tab PTK pd riwayat terdaftar, isi nama sekolah tapi harus online atau isi sesuai kode sekolah id

      Hapus
    2. sdh dicoba mas., tapi masih belum bisa ??? jd bagaimana cara yang lain.,

      Hapus
    3. nama sekolah harus sesuai database jd hrs online, sistem akan mencari nama sekolah secara otomatis, kt tinggal klik nama sekolah yang sdh ada

      Hapus
  70. page pak, saya dari sdn Palau tidung 01 pagi kepulauan seribu, saya sudah kirim data ke system pendidikan tgl 26 January tapi data nya belum d proses Dan di verifikasi atas bantuannya terimakasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu saja sampai berhasil diproses

      Hapus
    2. Cape-cape memperbaiki data, tapi toh akhirnya muncul kesimpulan : PTK bersangkutan tidak layak mendapat Tunjangan Sertifikasi. Nasib...nasib......

      Hapus
  71. Membingungkan. setelah munculnya 2 kolom baru pada rincian mengajar, yaitu kolom JJM KTSP dan JJM Linier, data yang sudah valid dan dinyatakan layak mendapat tunjangan sertifikasi, tiba-tiba JJM yang sesuai berubah menjadi kurang dari 24 jam sehingga muncul kesimpulan ( Tulisan Merah ) yang bersangkutan tidak layak mendapat tunjangan sertifikasi.
    Guru selalu menjadi profesi yang obok-obok terus. Coba tengok PNS lain yang mendapat remunerasi, lancar-lancar saja.

    BalasHapus
  72. mas saya mau nanya.,, kenapa pada rincian jam mengajar sesuai tetapi pada point 20 untuk total jam mengajar tidak sesuai., tolong informasinya., terimakasih.

    BalasHapus
  73. capek mas.........betulkan lagi tetap....JJM linier salah lagi.....................

    BalasHapus
  74. oya mas,menurut saya enakkan secara manual.......biar lambat tapi pasti dan biar ribet tapi jelas..............gimana mas?

    BalasHapus
  75. Met sore bro....kami mau tanya..! kenapa di semester II ini kiriman kami di jumlah jam mengajar kok pada tidak sesuai..padahal di aplikasi dapodik kami, sudah saya teliti berulang-ulang kali sudah benar misal si A mengajar di kelas 7A 2 jam. di kelas 7b 2 jam sampek total 24 jam...tapi di data no 20 kok tertulis cuma 2 jam seharusnya 24 jam.....mohon di sampaikan ke operator pusat supaya lebih cermat lagi...biar kami sebagai sebagai operator sekolah tidak di marahin sama temen2 guru...udah gak ada gajiannya malah di bentak2'i....Sapa yang gak Nelongso alias NGENES...

    BalasHapus
  76. Ass, terima kasih pak Agus, karena adanya blog Bpk ini kami bisa sharing. Sy operator sekolah pak ada masalah yg sampai skrng belum teratasi. Ada teman guru yang sdh sertfksi thn 2008. Mata pel B Inggris kodenya 090 tp dalam rincian mengajar tertulis kodenya 157, apah ini yg menyebabkan jam beliau jd 0 jam. Setahu saya memang ada konvesi kode mata pel B Inggris, mungkin itukah yg menjadi penyebabnya.Mohon solusi pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak..ya benar krn ada konversi kode sertifikasi

      Hapus
  77. ass,pak kenapa data JJM saya masih tercantum 20 jam padahal sdh dirubah jd 25 jam gmn solusinya pak mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. JJM dihitung berdasarkan JJM KTSP, JJM LInier

      Hapus
  78. data pada semester 1 tidak ada maslah pada semester ini jam mengajar tertera 2 jam pada hala mengaja saya 26 jam mohon penjelasan trims

    BalasHapus
  79. pak di t4 ortu sya mengajar. operator sekolah tidak tahu usename dan password nya. jdi bgaiman itu pak, bgaimana cra mendaftarkan/ mendapatkan usename dan password tsb? mohon bantuannya pak. terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya operator tahu,krn username dan password itu sama dengan usernamedan password pada aplikasi pendataan sekolah..

      Hapus
  80. Terima kasih atas info yg bapak berikan. Data dapodik saya sudah berhasil diperbaiki. Apakah kita perlu mengirim data untuk semester 2 pak? Atau cukup data semester 1 saja?buat teman2 yg lain, kalau kita mengisi dapodik sesuai petunjuk,insya Allah bisa diperbaiki asal dipantau dan dikirim terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah sdh valid semua ya..utk pengiriman semester 2 menunggu instrksi dulu

      Hapus
  81. Pak agus data dapodik saya kok belum berubah padahal sudah saya ubah dan kirim lagi kok belum diproses tapi kok sudah cek konvermasi bagaimana padahal masih ada yang belum berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. data akan berubah stlh data berhasil diproses,trs data disinkron dg p2tk

      Hapus
  82. JJM saya kan sudah 24jam,tapi kok di verifikasi data guru kok belum tertera. bagaimana cara memasukkan data tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu sertifikasi mapel apa?tahun brp?klw sdh 24 jam tunggu sinkron dan konversi kode sertifikasi

      Hapus
  83. pak saya mau tanya setelah saya cek di manajemen pendataan kok ada nama PTK MENGAJAR ada yang error sudah saya refresh tetep saja padahal nama PTK yang lain tidak error yang error hanya satu nama a/n SUGIARTI mengajar dirombel VI A mohon penjelasannya trus yang dikirim apakah harus semester satu dulu atau sekalian semester 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. errornya kenapa?coba direfresh atau tutup trs login ulang, atau donload lg database-nya,cek diaplikasi dan kirim ulang utamakan data yg semester 1

      Hapus
    2. namanya sugiarti di data yng ditamoilkan jadi 4fj5ha-oEok4dew gmn pak?

      Hapus
    3. Menurut sy itu bukan error,tp yg terlihat adlh id_PTK atau kode identitas PTK pd database,stp PTK punya _id

      Hapus
  84. pak saya operator smpn 1 conggeang, data sudah beres dan sudah d upload hasilnya udah bisa di lihat namun beberapa waktu kedepan ada perubahan data (pangkat/gol, KGB,) apakah mesti di upload ulang atau bisa langsung di rubah di dapodik online? terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk merevisi data hny bisa melalui aplikasi pendataan sekolah,jadi perbaiki kemudian upload ulang,tdk bisa dirubah di dapodik online

      Hapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. BURHANUDDIN, S.Pd
    Pak NUPTK saya 5242733636200013 dinyatakan salah. Tolong solusinya

    BalasHapus
  87. BURHANUDDIN, S.Pd
    Pak NUPTK saya 5242733636200013 dinyatakan salah. Tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh sy coba cek di database NUPTK, NUPTK bpk sdh benar..coba bpk kirim data lengkap sekolah bpk ke email sy : sugainanaf@gmail.com utk dicek

      Hapus
  88. Salam saya ada di kendari mau tanya bos, apakah data PTK bisa valid apabila data sekolah, siswa terisi semua? sebab semua kolom data PTK terisi benar ketika mau dikirim ke server jadinya tidak mau, mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam jg dr Lampung..iya..coba sebelum kirim lakukan validasi utk tahu data yg invalid (tanda merah)

      Hapus
  89. pak saya mau tanya nih?
    kapan kategori II diadakan testnya pak terimaksih atas perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk tes K-I dan K-II nanti akan sy infokan disini klw sdh ada kepastian waktunya

      Hapus
  90. kalau ada berita yang terbaru tentang kategori II tolong di informasikan pak terimakasih atas perhatianya

    BalasHapus
  91. MAAF PAK KLO DATA DAH ADA FUNGSINYA APA ? APA ADA KAITANNYA DENGAN TUNJANGAN BAGI GURU WIYATA BAKTI

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk Aneka Tunjangan : profesi,fungsional,khusus, peningkatan kualifikasi,dll

      Hapus
  92. kenapa aplikasi data yang kami kirim belum juga diferivikasi. apakah waktu verifikasi nya itu membutuhkan waktu. kemudian bagaimana cara yang paling mudah untuk mengubah data PTK yang terdapat di verifikasi data guru. mohon petunjuk dan bantuannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh P.Agus Padang..wah nama kt sama pak..maksudnya verifikasi di Manajemen Pendataan ya..yg memverifikasi adlh KK-Datadik Kab/Kota,kt bs meminta KK-Datadik utk memverifikasi klw memang data sudah benar2 valid..klw blm valid ya biarin aja..kn msh dlm perbaikan
      cara merubah data PTK ya..lewat aplikasi dapodik

      Hapus
  93. Apabila Operator diganti dan user serta password , tolong bagaimana caranya pak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dan boleh..lihat video tutorial : Lupa Password di http://rodajaman.blogspot.com/2012/12/download-file-seputar-aplikasi.html

      Hapus
  94. ADA NGGAK PAK BIAYA OPERASIONAL OPERATOR DAPODIK ,SUMBERNYA DARIMANA ?.KIRA-KIRA NILAINYA BERAPA YA PA ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bpk baca di Juknis BOS 2013 disana ada alokasi utk biaya pendataan dapodik..atau
      donlod di http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/download-juknis-bos-tahun-2013.html

      Hapus
  95. pagi pak,saya mau tanya untuk guru olah raga rombel sudah saya rubah,tapi di jam linier belum berubah padahal sudah saya kirim,berhasl diterima & dan diproses belum validasi akhir.untuk guru agama nomer sertifikasi memang dari depag tidak sama bagaimana pak.
    mohon dibalas terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. guru penjas..sdh sinkron..harusnya bs valid,tp...
      kapan ngirimnya kapan,klw setlh tgl 26-01-2013 mungkin blm bs sinkron
      guru agama tdk di kemdikbud..

      Hapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. mengerjakan dapodik memang super ribet, kasian ya buat yang mengerjakannya tanpa honor.... (curhat dikit) he

    BalasHapus
  98. maaf pak..saya ingin memperbaharui data riwayat pendidikan saya menjadi sedang kuliah..sudah di upl0ud 2x k0 masih warning y pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. knp bu..mau usul tunjangan kualifikasi ya..langsung ke dinas aja bu..sistem sementr blm bs membaca data kuliah,mungkin nanti ada aplikasi baru

      Hapus
  99. Bagaimana cara untuk memperbaiki data depodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan bpk baca semua artikel ttg dapodik di blog ini semua sdh dijelaskan baca juga semua komentar2nya

      Hapus
  100. pak, saya sudah memperbaiki data jumlah jam mengajar dan kode sertifikasi, tapi di cek masih belum valid gimana ya pak, padahal saya sudah upload 3 kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua butuh proses...
      apakh data statusnya sdh berhasil diproses? kpn terakhir kirim,klw stlh tgl 26-01-2013 mungkin blm sinkron

      Hapus
    2. Dikirimnya baru kemarin pak. jadi harus menunggu berapa lama supaya data nya valid?

      Hapus
    3. oo..brarti hrs sabar tunggu smpai data berhasil diproses,trs tunggu sinkronisasi ..dapodik dg P2TK..lamanya tdk tentu trgantung sistem

      Hapus
  101. pak klo status datanya PENDING artinya apa dan apa yang harus saya lakukan?
    terus untuk verivikasi data bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pending??berarti blm diterima server,mungkin upload tdk berhasil..atau jg sistem sdg maintenance jd msh blm diterima

      Hapus
  102. tugas tambahan itu terdiri dari apa saja ya? apa ada hubungannya dengan tambahan jam mengajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tugas tambahan: kepsek (18jam), wakepsek, kep.lab, kep.perpus,ket.prog.keahlian,kep.bengkel (12jam)
      msl utk kepsek mengajar 6 jam tatap muka+kepsek (18jam)=24 jam

      Hapus