\ Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007

Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007

Share on :
Pada postingan Belajar MembuatFormulir PSB dengan Macro Excel, saya berbagi pengalaman membuat formulir PSB dengan macro. Kali ini saya mencoba berbagi kembali dengan membuat surat panggilan wali murid berikut contoh macro yang digunakan pada excel. Pada prinsipnya pembuatannya sama dengan formulir PSB.

Kenapa surat dibuat pada MsExcel, bukankah lebih mudah pada MsWord? Kenapa menggunakan macro? Bukankah ada mailmerge? Ya, memang macro yang saya buat ini, kebalikan dari mailmerge. Pada Mailmerge, kita membuat dulu daftar si penerima surat, kemudian kita input pada form surat, nah..disini saya membuat sebuah template surat, yang dapat diisi kemudian disimpan pada tabel layaknya buku agenda surat keluar. Jadi, saya ingin membuat form surat yang dapat dicetak dan otomatis tercatat pada data tabel, setiap surat keluar maka nama-nama si penerima akan tersimpan dalam file tersebut. Surat ini berguna untuk guru BK (konselor). File ini terdiri dari dua sheet, yaitu untuk input data (surat) dan sheet output data (tabel penyimpan data), dan disimpan dalam format excel macro-enabled workbook (xlsm).

Pertama, anda boleh download filenya disini, setelah itu buka, dan jika ketika anda buka langsung muncul Macro : auto_open seperti gambar dibawah ini, berarti macronya aktif (kalau tidak muncul berarti macro belum diaktifkan)


Silakan isi nama pada box Nama Anda lalu klik Lanjut dan akan muncul message box seperti ini..


Untuk melihat macro apa saja yang berjalan di file ini, klik tab View pilh ribbon Macros dan klik view macros maka keluar seperti gambar ini


 Artinya pada file ini terdapat beberapa macro yaitu :
  1. Macro “Auto_open”, agar ketika membuka file otomatis akan muncul userform
  2. Macro “buka”, berisi aksi untuk menampilkan userform, mencatat isian namebox, menampilkan popup Selamat Datang.
  3. Macro “Insert Data”, untuk mengisi data nama, kelas, alamat, hari, tanggal, dan akan disimpan pada tabel Sheet Daftar Nilai
  4. Macro “validasi”, ini adalah mengoreksi jika ada data yang belum terisi dengan lengkap
  5. Macro “bersih”, untuk membersihkan atau menghapus data pada form surat
  6. Macro “catat”, untuk menjalankan macro validasi dan macro insert data, artinya kita klik tombol Catat maka jika data lengkap otomatis akan tersimpan pada daftar dan akan membersihkan data.

Nah..asyik kan belajar macro, kita bisa membuat aksi-aksi lain. Untuk penjelasannya bisa baca Contoh Macro yang Dapat Digunakan pada Excel.


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

7 comments:

  1. terima kasih untuk tutorialnya tentang macro di Microsof Excel. Saya coba belajar, dan salam kenal

    BalasHapus
  2. Mantab...

    makasih pk Guru

    BalasHapus
  3. Untuk pengiriman data Lewat Aplikasi sekolah berapakali ya pak atu tidak terbats?

    BalasHapus
  4. bang, minta code biar yang muncul pertama pas file ".xlsm" dibuka yang muncul pertama adalah "userform" ..

    makasih ban

    balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca disini http://rodajaman.blogspot.com/2012/10/contoh-macro-yang-dapat-dijalankan-pada.html

      Hapus