\ Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel

Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel

Share on :
Pada postingan Membuat SuratPanggilan Wali dengan Macro Excel 2007, terdapat beberapa macro yang dapat berjalan (run), antara lain auto open, buka, insert data, validasi, catat, bersih. Macro saling berkaitan, terkadang dalam satu macro ada yang berisi beberapa aksi, ada juga macro yang berisi perintah untuk menjalankan macro tertentu.

Coba lihat kode visual basic pada macro “buka” seperti dibawah ini



Kodenya :

Sub buka()
UserForm1.Show
End Sub
Private Sub Commandclose_Click()
Sheets("Sheet3").Select
range("D60").Value = NameTextBox.Text
Sheets("Sheet3").Select
UserForm1.Hide
x = MsgBox("Selamat Datang di SMP PGRI 1 Batanghari " & Space(85))
End Sub
Private Sub Image1_Click()
End Sub
Private Sub Image2_Click()
End Sub
Private Sub Label2_Click()
End Sub

Private Sub UserForm_activate()
Sheets("Sheet3").Select
 NameTextBox.Text = range("D60").Value
  End Sub

Kode ini maksudnya kira-kira begini, pertama menampilkan form isian user, lalu jika mengklik button commandclose maka akan menutup userform, dan jika namebox terisi maka akan tertulis pada cell D60 pada Sheet3 dan akan muncul messagebox “Selamat Datang…..”

 Lalu bagaimana menampilkan userform secara otomatis ketika membuka file? Maka itulah ada macro “Auto_Opening”, seperti ini


Kodenya :
Sub Auto_Open()
UserForm1.Show
End Sub
Private Sub Workbook_Open()
UserForm1.Show
End Sub
Kira-kira maksud dari kode itu yaitu perintah auto open dan menampilkan userform, dan jika membuka workbook akan tampil userform.

Terus bagaimana cara membuat UserForm nya ya.. di lain kesempatan saya ulas cara membuat userform.

Silakan jalankan macro dengan kode tadi, buat dulu buku kerja dan simpan dalam format Excel 2007 Macro-Enabled Workbook. Untuk macro yang lain, nanti akan ulas di kesempatan lain.



Anda sedang membaca artikel yang berjudul Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

1 comments: