Tahun pelajaran
baru segera dimulai, semua civitas akademik sekolah juga sudah mulai
bersiap-siap untuk mempersipakan segala sesuatu untuk menyambut tahun pelajaran
baru. Mulai dari kepala sekolah, guru, dan staf sibuk dengan pekerjaannya
masing-masing. Termasuk yang tidak kalah pentingnya adalah menyusun kurikulum. Sambil
mempersiapkan menyusun kurikulum KTSP yang baru, alangkah baiknya kita review
kembali kurikulum yang sudah pernah kita terapkan, Menurut sejarah perkembangan
kurikulum di Indonesia kita sudah beberapa kali menerapkan, merubah, mengganti
kurikulum hingga akhirnya yang terakhir sekarang ini yaitu KTSP. Nah..yang akan
saya bahas untuk bahan perbandingan yaitu kurikulum 1994, Kurikulum KBK 2004,
dan yang sekarang Kurikulum KTSP 2006.
No
|
Aspek
|
Kurikulum 1994
|
Kurikulum 2004/KBK
|
Kurikulum KTSP
|
1.
|
Filosofis
|
Struktur keilmuan yang menghasilkan
isi mata pelajaran.”daya serap kurikulum”
|
Struktur keilmuan dan
perkembangan psikologis siswa. Sehingga berdasar pada kompetensi lulusannya
|
Struktur keilmuan dan
perkembangan psikologis siswa dan Standar Kompetensi Lulusan
|
2.
|
Tujuan
|
Agar siswa menguasai materi yang
tercantum dalam GBPP
|
Semua siswa memiliki kompetensi
yang ditetapkan
|
Semua siswa berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan,
dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya berdasarkan kompetensi
yang ditetapkan.
|
3
|
Sifat
|
Bersifat populis, yaitu yang
memberlakukan sistem kurikulum untuk semua siswa diseluruh Indonesia.
|
Cenderung Sentralisme Pendidikan : Kurikulum disusun oleh Tim Pusat
secara rinci; Daerah/Sekolah hanya melaksanakan
|
Cenderung Desentralisme
Pendidikan : Kerangka Dasar Kurikulum disusun oleh Tim Pusat; Daerah dan
Sekolah dapat mengembangkan lebih lanjut.
|
4
|
Subtansi materi
|
Semua materi ditentukan oleh
pemerintah
|
Pemerintan menetapkan kompetensi
yang berlaku secara nasional dan daerah/sekolah berhak menetapkan standar yang
lebih tinggi sesuai kemampuan daerah/sekolah
|
Pemerintah menetapkan kompetensi
yang berlaku secara nasional dan semua
sekolah /satuan pendidikan wajib membuat KTSP. Dimana silabus merupakan bagian tidak terpisahkan dari
KTSP dan guru harus membuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
5
|
Cara Pembelajaran
|
·
Ceramah
·
Guru dipandang sebagai sumber belajar
|
·
Siswa aktif
·
Mengembangkan berbagai metode pembelajaran
·
Guru sebagai fasilitator
|
·
Siswa aktif
·
Mengembangkan berbagai metode dan model
pembelajaran
·
Menggunakan pendekatan multistrategi dan
multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan meman-faatkan
lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
|
Anda sedang membaca artikel yang berjudul Membandingkan Antara Kurikulum 1994, KBK, dan KTSP Secara Umum. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Membandingkan Antara Kurikulum 1994, KBK, dan KTSP Secara Umum ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Membandingkan Antara Kurikulum 1994, KBK, dan KTSP Secara Umum sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)
0 comments:
Posting Komentar