\ SEPIK, Situs Pemantau Implementasi Kurikulum 2013

SEPIK, Situs Pemantau Implementasi Kurikulum 2013

Share on :
Assalamu’alaikum, rekan rodajaman. Sudah lama saya tidak mengabarkan perkembangan kurikulum 2013. Kali ini saya hanya ingin berbagi tentang situs atau website resmi kurikulum 2013 yaitu SEPIK atau Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum dengan alamat http://kurikulum.kemdikbud.go.id.

Sebelum beralih ke SEPIK, alangkah baiknya kita ikuti perkembangan terbaru tentang kurikulum 2013, berikut ini informasinya...

  1. DPR RI akhirnya menyatakan persetujuannya terhadap perubahan anggaran kurikulum 2013 menjadi Rp 829 milyar. Sehingga implementasi Kurikulum 2013 dapat segera dilaksanakan.
  2. Bulan Juni akan dimuali pelatihan untuk instruktur nasional. Instruktur nasional itu nantinya akan melatih guru inti. Dan guru inti melatih guru-guru di sekolah-sekolah sasaran.
  3. Berdasarkan jadwal dari Kemdikbud, mulai tanggal 4-8 Juni para instruktur nasional akan dilatih. Kemudian dilanjutkan oleh pelatihan bagi guru inti pada 11-22 Juni. Selanjutnya, pelatihan guru sasaran pada 8-13 Juli dan implementasi pada 15 Juli.
  4. Pelaksanaan kurikulum 2013 hanya diterapkan di 6.325 sekolah sasaran yang diutamakan sekolah eks RSBI dan berakreditasi A.
  5. Jumlah PTK yang akan menerima pelatihan adalah 74.289 PTK sasaran
  6. Jadwal dan lokasi pelatihan guru inti kurikulum 2013 terbagi menjadi 6 region yaitu Makasar (LPMP Sulawesi Selatan), Jakarta (LPMP DKI Jakarta), Bandung (LPMP Jawa Barat), Semarang (LPMP Jawa Tengah), Surabaya (LPMP Jawa Timur), dan Medan (LPMP Sumatera Utara). Dari ke-6 region ini akan membawahi LPMP di wilayah provinsi sekitarnya.
  7. Jadwal pelatihan guru sasaran akan dilaksanakan di 31 LPMP seluruh Indonesia.
Nah itulah sekilas perkembangan berita kurikulum 2013 terbaru, selanjutnya apa itu SEPIK? SEPIK adalah Sistem Elektronik Pementauan Implementasi Kurikulum. Sistem ini dikelola oleh Unit Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Fungsi utama SEPIK adalah :
  1. Menampilkan Informasi untuk Publik secara detil mengenai 6.325 Sekolah Sasaran, 74.289 PTK Sasaran, Jadwal dan Lokasi Pelatihan di 6 Region dan 31 LPMP.
  2. Memantau Status Distribusi Paket Buku ke LPMP dan sekolah sasaran Kurikulum 2013 sebagai e-livereport.
  3. Memantau Status Keterlaksanaan Pelatihan Instruktur Nasional, PTK Inti dan PTK Sasaran di LPMP sebagai e-livereport.
SEPIK dioperasikan oleh 7 Kelompok Operator sebagaimana gambar berikut:




Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi http://kurikulum.kemdikbud.go.id, dan dapatkan informasi perkembangan implementasi kurikulum 2013. Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih, salam persahabatan.

Anda sedang membaca artikel yang berjudul SEPIK, Situs Pemantau Implementasi Kurikulum 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel SEPIK, Situs Pemantau Implementasi Kurikulum 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan SEPIK, Situs Pemantau Implementasi Kurikulum 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

1 comments:

  1. dilihat dari perkembangan sampai saat ini sekolah di luar 6325 sekolah sasaran untuk tahun ajaran 2013/2014 masih menggunakan kurikulum sebelumnya. menunggu secara teknis keseluruhan progam kurikulum 2013 sampai di tiap sekolah dan ptk. saya berharap pelatihan yang akan berjalan pada ptk sasaran bisa dipublikasikan secara online agar kami dapat mengikutinya.

    BalasHapus