\ Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP pada Kurikulum 2013

Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP pada Kurikulum 2013

Share on :



Seperti diketahui, pada Struktur Kurikulum 2013 SMP ada pengurangan jumlah mata pelajaran dari 12 mata pelajaran termasuk mulok menjadi hanya 10 mata pelajaran termasuk mulok. Namun ada penambahan beban belajar dari 32 jam per minggu menjadi 38 jam per minggunya. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.


Mata pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.

Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa daerah dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Kompetensi Inti SMP/MTs adalah sebagai berikut:


Selanjutnya bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui, mempelajari dan mengoleksi KI-KD Kurikulum 2013 SMP/MTs untuk setiap mata pelajaran, silakan unduh dengan meng-klik tautan berikut ini

KI-KD Pendidikan Agama SMP

KI-KD Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP

KI-KD Bahasa Indonesia SMP

KI-KD Bahasa Inggris SMP

KI-KD Matematika SMP

KI-KD IPA SMP

KI-KD IPS SMP

KI-KD SENI BUDAYA SMP

KI-KD PENJASORKES SMP

KI-KD PRAKARYA SMP

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP pada Kurikulum 2013. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP pada Kurikulum 2013 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMP pada Kurikulum 2013 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

6 comments:

  1. Yang butuh KD kurikulum 2013 tingkat SMA disini http://ibnufajar75.wordpress.com/2013/03/02/kompetensi-dasar-pada-struktur-kurikulum-2013-tingkat-sma/

    Maaf numpang lapak Mas...
    Salam

    BalasHapus
  2. Matur Nuwun mas Agus, ijin download ya.

    BalasHapus
  3. Pelajaran Seni Budaya nge-link ke IPS mas agus, saya tunggu perbaikannya ya.........................................

    BalasHapus
  4. Seni Budaya ngelink ke pendjas, pendjas ngelink ke prakarya, So I wait for Prakarya, thanks.

    BalasHapus
  5. Oh ya, mmatur nuwun, sekarang sudah lengkap. Mas, ada struktur kurikulum 2013 ya?? kalo ada tolong dimuat di blog ya.

    BalasHapus