\ Bagaimana Cara Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Baru?

Bagaimana Cara Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Baru?

Share on :
Banyak siswa SMP yang  mengaku belum memiliki NISN. Hal ini mungkin bisa terjadi karena kurangnya sosialisasi tentang manfaat NISN bagi siswa pada saat mereka masih duduk di bangku SD. Memang prosedur pengajuan NISN baru, dilakukan oleh pihak Sekolah Dasar. Dari SD inilah nantinya NISN yang dimiliki siswa akan digunakan selama anak tersebut menjadi siswa dari jenjang SD sampai dengan SMA. Seharusnya pihak SD sudah mencantumkan NISN pada lembar ijazah atau data siswa lainnya. Sehingga pihak sekolah pada jenjang lebih atas dapat mencatat dan mempunyai data NISN tanpa meminta lagi data ke pihak SD.

Baiklah saya akan berikan cara mengajukan  NISN baru (baik siswa baru maupun siswa lama yg belum dapat NISN), berikut ini langkah-langkahnya ..
 
Di halaman tersebut terdapat 4 jenis formulir yang dapat diunduh dan untuk pengajuan NISN baru silakan download formulir A1 seperti gambar berikut ini..

     

Pada bagian bawah formulir, pilih download yang XLS atau dalam format Ms Excel.

2.      Setelah didownload, silakan buka file XLS dan Isi data siswa pada kolom-kolom yang tersedia sesuai format yang sudah ada jangan sesekali merubah format pada excel, baik menambah atau mengurangi.
Tampilan Form A1 dalam excel seperti ini...



Isi sesuai dengan pedoman pengisian NISN. Pedoman Pengisian NISN dapat diambil DISINI

3.     Setelah selesai mengisi data siswa, kemudian simpan file XLS dengan format : Nomor NPSN-Nama sekolah contoh: 12345678-SDN Batanghari
dan Save As type file harus : Excel 97-2003 Workbook

4.      Setelah file disimpan, lalu print out file excel yang berisi form A1 yang sudah diisi tersebut dengan format kertas ukuran A4, dan mintakan tanda tangan kepala sekolah.serta dicap stempel sekolah.

5.      Lembar Form A1 yang sudah print dan ditandatangani oleh kepala sekolah tadi kemudian discan/dipindai dan hasil scan tadi disimpan dalam format PDF.

6.      Langkah terakhir adalah mengirim data , File yang dikirim adalah file Form A1 dalam format MS Excell 97-2003 Workbook (xls) dan file pdf ( hasil scan dari file excel yang sudah  ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan distempel )

7.      File dikirim ke email PDSP : pdsp@kemdikbud.go.id

Untuk info Helpdesk NISN : (021) 57905777


Nah..mudah kan..itulah prosedur pengajuan NISN baru, semoga pihak sekolah yang dibantu oleh operator sekolah bisa mencobanya..karena bagaimanapun NISN penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa.

UPDATE INFO!

Pengajuan NISN sacara manual ( lewat email) sudah dihentikan, karena sedang dilakukan matching peserta didik dapodik dengan data NISN PDSP. Kedepannya NISN akan diinsertkan (diisi) ke dalam tabel peserta didik yg nisn nya kosong. pastikan nisn yg bpk ibu kirim lwat aplikasi dapodik : jika terisi, isilah sesuai dg kepemilikan dan nomor NISN yang benar, jika tidak terisi, pastikan memang siswa tersebut belum memilikinya, jika dilanggar, bisa jadi masalah, NISN terjadi duplikasi, NISN tidak diinsertkan dr pusat karena nisn sudah diisi sendiri dg dikarang2 (Rekayasa oleh sekolah)


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Bagaimana Cara Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Baru?. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Bagaimana Cara Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Baru? ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Bagaimana Cara Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Baru? sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

42 comments:

  1. Assalamu'alaikum wr. wb. mas Agus.
    Terima kasih banyak artikel ini sangat banyak bermanfaat, ada beberapa siswa kami yang belum punya NISN. Kalau usul NUPTK baru gimana caranya ya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkmslm.wr.wb..sama2..utk usul NUPTK blm ada info..biasanya lewat dinas

      Hapus
  2. terima kasih banyak untukm informasinya...blog anda luar biasa...sangat membantu kami. Sukses ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sdh berkunjung..semoga bermanfaat..amin

      Hapus
  3. mas, bagaimana kalau siswa kelas 6 SD yang sebentar Lagi akan UN tidak memiliki NISN, apa akibatnya?
    Sy juga pernah mengajukan NISN baru ke email yg sama seperti postingan di atas, tapi formatnya tidak sama seperti diatas/bukan format A1 dan tidak discan, sampai sekarang NISN yg diharapkan tidak keluar-keluar.apakah karena formatnya bukan A1 dan tidak discan itu penyebab NISN sy tidak keluar-keluar mas?mohon penjelasan.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya segera diusulkan lagi..dg cara diatas,krn nisn akan berguna utk jejang seterusnya

      Hapus
    2. kira-kira berapa lama mas dari mengajukan NISN itu bisa keluar?apakah prosesnya cepat?karena siswa yg tidak memiliki NISN itu sebentar lagi akan melaksanakan UN?

      Hapus
    3. klw prosedurnya benar..gak trlalu lama kok..yg penting ajukan saja..UN berjalan, NISN belakangan gpp

      Hapus
  4. saya sdh mencoba seperti apa yang dikemukakan di atas...ternyata keluarnya bahasa yang aku ga nerti...gmna nih....

    BalasHapus
  5. mas,pedoman pengisian NISN link nya kok mati mas? tolong di upload lagi mas...

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya kalau anak saya sudah mempunyai nomor NISN dan bulan mei nanti ujian SD,yang mau saya tanyakan kalau saya mau merubah atau mengganti Namanya apa masih ada kesempatan kan Ijazah belum keluar......atas penjelasannya kami ucapkan Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Gimana ya cara yang mudah mengajukan NISN yang baru, karena saya telah mengirim format A1 tapi sampai sekarang belum ada jawabannya?

    BalasHapus
  8. masih enak pengajuan NISN yg pertama,,yg sekarang ribet ngisi formulir ini itu,,,bnyk dn bikin pusing,,honornya pas pelatihan doang

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas informasinya Mas,
    Saya sdh kirim form A1 pdf dan xlx, tinggal nunggu hasilnya.Semoga lancar tanpa masalah.
    Mudah-mudahan keikhlasan para Operator Sekolah dalam berkiprah mendapatkan ridho dari Tuhan YME dan diberikan kemudahan, amin.

    BalasHapus
  10. apakah File NISN di bubuhi TTD KS atau TTD kepala dinas setempat, mohon di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanda tangan cukup kepala sekolah dan distempel

      Hapus
  11. Terima kasih banyak pak atas infonya,...sudah sangat membantu kami dari proses entry,sending, hingga berhasil kluar NISN baru untuk siswa.i kami, dan kami sangat puas atas sgala info yg sudah bapak posting di blog bapak,...moga rodajaman.blog slalu menjadi idola para Operator Akun situs2 internet lainya terlebih bagi Operator Situs2 Pendidikan...GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAMA-SAMA PAK..TRIMAKASIH JG KUNJUNGANNYA..

      Hapus
  12. sangat membantu sekali...terimakasih infonya

    BalasHapus
  13. trims pak saya coba dulu mudah2an berhasil..cz sebelumnya saya kirim file dalam bentuk word yang di dapat donlowd sampai sekarang blm di verifikasi..

    BalasHapus
  14. Dari SDS ROLINA
    Pak mau nanya.........
    Data Formulir A1 yang kami download langsung kami ketik sementara column nama siswa kurang lebar padahal format tidak dapat dirubah dan menurut pedoman nama siswa tidak dapat disingkat. Bagaimana cara mengatasinya Pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditulis saja di baris itu, atau huruf dikecilkan

      Hapus
    2. Dari SDS ROLINA

      Pak,
      Data NISN siswa yang belum ada telah kami kirim melalui yayasanswastarolina@gmail.com kepada nisn_pdsp@yahoo.com tanggal 01 juni 2013 tapi sampai sekarang belum ada balasannya, apa ada cara lain untuk mengirimkan data tersebut? bagaimana penjelasannya pak...!

      Hapus
  15. saya telah mengajukan NISN baru ke pdsp@kemdikbud.go.id sesuai dengan permintaan berulang ulang kali namun sampai saat ini belum ada balasan dari kemdikbud. mohon masukannya terima kasih.

    BalasHapus
  16. http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/home

    BalasHapus
  17. bagaimana cara mengetahui data yang kita kirim telah berahsil di terima,tanks

    BalasHapus
  18. Pak, apa semua data siswa diketik di form A1 (yang belum dan yang sudah memiliki NISN) atau hanya yang belum memiliki NISN yang diketik di form A1?
    Lalu untuk perubahan data siswa yang memiliki NISN (yang tidak sesuai dengan akte kelahiran) diketik di form A3?

    Saya sudah bertanya via telp kepada layanan sistem NISN menanyakan data siswa (ada 4 siswa) yang telah memiliki NISN tapi tidak tercantum ketika di cek di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data

    Di cek oleh petugas Layanan Sistem NISN, ternyata sudah ada dan menyarankan untuk di sering cek di http://refpd.data.kemdikbud.go.id.
    tapi ketika saya cek yang tercantum hanya 4 orang siswa saja

    BalasHapus
  19. Bagaimana utk siswa yg sudah sma tp blm punya nisn..anak saya tidak memiliki nisn, tetapi sudah diterima di sma negeri..pengajuan nisn menjadi tanggungjawab siapa? Apakah hrs meminta sdnya utk melakukan pengajuan sedangkan dia sudah lulus sd 3 thn lalu..atau sekolah yg sekarang yg hrs mengajukan nisn.terimakadih

    BalasHapus
  20. jadi solusi untuk mendapat nisn buat siswa bagaimana? saya sudah kirim melalui email sejak bulan april tapi sampai sekarang belum ada balasan.
    mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengajuan NISN 2013 dapat melalui dapodik 2013

      Hapus
  21. Halo pak,
    mau tanya nih..
    kalo dari dapodik sendiri, itu update NISN nya mulai kapan ya?

    saya agak bingung ini,
    krn dimana2 informasi rancu,
    trus keterbatasan komunikasi dengan operator pusat.

    Sudah bbrp sekolah yang saya ajukan, tapi hanya sebagian kecil yang keluar nomornya.
    :(
    Mohon arahan pak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca beritanya tentang NISN di situs kemdikbud http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1606

      Hapus
  22. mas mau tanya,,,,,
    NISN ini hanya untuk sekolah negeri saja atau untuk sekolah swasta juga?
    kalau untuk sekolah taman kanak-kanak atau TK apa harus mempunyai NISN juga?
    mohon di jawab mas, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. NISN berlaku untuk semua siswa baik negeri maupun swasta, tapi sepertinya hanya dapat diusulkan ketika siswa masuk di jenjang sekolah dasar, tapi saya tidak tahu kalau di TK juga harus ada NISN

      Hapus
  23. mas, kami memiliki siswa sd kelas 6 pindahan dari luar provinsi(kaltim), ternyata nisn siswa yang bersangkutan belum ada, sdh kami konsultasikan ke kantor diknas kabupaten di wilayah kami malah kami disuruh cari datanya di internet, bagaimana ya? barangkali mas bisa bantu, terima kasih,
    balas

    BalasHapus
  24. mas numpang nanya... ane dah kirim berapa kali tuk pengajuan nisn baru, tapi kok gak ada balasannya. gimana neh solusinya.. alamat e-mail yang dituju sudah benar. di telp katanya gak ada masuk katanya. ngelis ajaaaaaa... tiap hari ribuan katanya yg ngirim.....

    BalasHapus
  25. terima kasih pak atas infonya.... sukses

    BalasHapus
  26. Bagaiman cara mengirim auan NISN baru pak

    BalasHapus
  27. terima kasih atas infonya pak mudah mudahan bermamafaat

    BalasHapus
  28. saya dari sekolah SD ANNUR yapis kampung baru sorong papua barat. setelah dikirim berapa lama kita harus menungu mas...

    BalasHapus
  29. sangat membantu.
    kemarin anak saya NISN nya ganda.
    saya pertanyakan ke sekolah, operatornya jelaskan malah saya ngga ngerti.
    tapi saya search, dapodik nisn, baru saya ngerti, ditambah dengan argumen anda ini.
    terimakasih. gbu

    BalasHapus