\ Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Data PTK yang Bermasalah

Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Data PTK yang Bermasalah

Share on :
Seiring dengan diberlakukannya pendataan sekolah secara nasional, pihak sekolah perlu berhati-hati dan lebih teliti dalam mengisi dan melengkapi data sekolah. Adanya beberapa item pada kolom isian yang kurang diperhatikan dalam pengisiannya, sehingga menyebabkan hasil data dianggap belum valid atau bahkan berakibat fatal. Banyak sekali komentar yang masuk di blog ini berkaitan dengan cek data PTK, bahkan di website P2TK sendiri sudah memberikan warning terkait dengan banyaknya data PTK yang bermasalah berikut ini adalah peringatan dari P2TK, jika anda mencoba cek data :

  • Perbaiki data guru jika diperlukan melalui Dapodik Dikdas. Data akan terupdate dalam beberapa hari.
  • Jika masih ada masalah, kirim email mengenai masalah yg dimaksud beserta kode NUPTK ke cekdataguru.dikdas@gmail.com
  • HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK.
  • KAMI TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.

Dengan banyaknya email yang masuk dengan nada pertanyaan yang rata-rata hampir sama, maka P2TK melansir FAQ (Frequently Asked Question) maksudnya pertanyaan yang banyak ditanyakan, seperti di bawah ini :
  • Pertanyaan: "Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik)."
    Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.

  • Pertanyaan: "Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?"
    Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Sertifikasi/NRG dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK anda belum tercantum di basis data NRG yang ada pada kami (Dit.P2TK Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, di saat yang sama Bapak/Ibu pun dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.

  • Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya salah password"
    Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.

  • Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan"
    Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.

  • Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
    Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.

  • Pertanyaan: "Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru"
    Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.

  • Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah"
    Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.

  • Pertanyaan: "Saya belum punya NUPTK bagaimana mendapatkannya"
    Jawaban: Penerbitan NUPTK bukan merupakan wilayah kewenangan kami

  • Pertanyaan: "Sekolah saya ingin terdaftar Dapodik bagaimana caranya?"
    Jawaban: Coba hubungi KK Datadik kab/kota anda untuk bantuan. 
Itulah daftar pertanyaan dan jawabannya yg dihimpun oleh P2TK, nah..bagiamana dengan data anda apakah sudah valid..silakang tinggalkan komentarnya..terima kasih..

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Data PTK yang Bermasalah. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Data PTK yang Bermasalah ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Data PTK yang Bermasalah sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

114 comments:

  1. Saya telah mengirim data dapodik tgal 3 januari 2013 untk memperbki data p2tk yg salah namun pemberitahuan di aplikasi data blum dproses, brapa lama wkt yg dperlukan agar brhasil dproses y pak mhn info ny trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tdk tahu kpn diprosesnya..krn klw sy cek data yg diupload akhir desember smpe januari smua statusnya diterima via aplikasi..trmsk sekolah saya

      Hapus
    2. pa tapi kalaw kita baru kirim perubahan tangal 10 msh bza d rubah d dapodik nanti nga pa..????

      Hapus
    3. bisa update dan kirim terus..upload data minimal 1 kali dlm 1 semester

      Hapus
  2. maaf kalau di sekolah kami kebanyakan kesalahan pada status kepegawaian dan status ijazah ini bagaimana ???? dab bagaimana cara pembentulannya ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelajari di aplikasi pendataan sekolah..isi dengan lengkap trutm status pegawai di form PTK

      Hapus
  3. kalau yg tdk punya nuptk brerti tdk bsa msuk datanya di dapodik ? bagaimana ngecek data kita masuk tdknya kalau tdk punya nuptk coz masuknya kan hrus pakai nuptk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap masuk..hny bs cek di pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
      tp tidak bs cek di p2tk

      Hapus
  4. bagaimana cara memperbaiki apa bila jam mengajar saya kosong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.

      Hapus
    2. untuk data PTK yang dimaksud tidak memiliki record terdaftar sehinga tidak dapat diinput"....
      bagaimana ni solusinya pak..????

      Hapus
  5. ass... sy sdh kirim data dapodik januari 2013 yg sdh d revisi, d revisi karena kepala sekolah kami di ganti,...tetapi pd waktu kepala sekolah sy send ke peserta pendidik tertulis, ptk blom ada datanya,...pd hal sy sdh tambah ke ptk,...tetapi ternyata masih di baca kosong...tlong di bantu...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki lagi, kirim lagi..sampai data lengkap..kirim sesering mungkin

      Hapus
  6. bgm cara menamba atau menyalin jumlah jm mengajar pd guru bidang study yg tdk memegang kelas...karena sy lihat data untuk jm mengajar, tertampil bagi pemegang kelas sj,....Thanks

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara mengirimkan NUPTK dan Email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com, karena saya cek ternyata keterangannya NUPTK anda tidak ditemukan. mohon jawabannya. terims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak makruf, kt hny bisa kirim perbaikan data lewat aplikasi pendataan sekolah..mungkin NUPTK bpk salah. coba hub. operator dapodik sekolah

      Hapus
  8. Ass. Pak saya adalah guru yang pada petengahan agustus 2012 di mutasikan dari smp ke sma baru, saya sudah bersetifikasi dari tahun 2009. SMA saya ini sampai saat ini belum mempunyai NPSN yang menjadi syarat pendataan online di dikmen, hal inilah yang membuat bingung guru-guru yang dimutasikaan ke sma ini, karena kami kwatir dengan tidak terdatanya kami secara online nama kami tidak muncul di sk dirjen untuk pencairan serti 2013 ini...mohon pencerahannya pak....

    BalasHapus
  9. Numpang nanya Mas...! 1.Mengapa bisa terjadi guru yg sdh memiliki NUPTK dan sdh lulus sertifikasi tdk memiliki NRG ?
    2.Apakah terindikasi tdk menerima tunjangan sertifikasi th 2013,guru yg tdk mempunyai NRG tetapi pd tahun sebelumnya tetap menerima tunjangan sertifikasi ? Mohon jawaban dan petunjuk...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap guru yg sdh memiliki sertifikat pendidik otomatis punya NRG. coba cari info ttg NRG di Dinas atau LPMP atau di website : nrg-kemdiknas.info

      Hapus
  10. Tuti Rohil
    "Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi bidang studi sertifikasi, tahun sert, no. sertifikat pendidik, dan yg penting NRG

      Hapus
  11. mohon bantuannya:
    KODE NUPTK : 045373563730012 kox belum bz masuk ke pengecekan veryvikasi padahal NUPTK dan Tgl lahir pada Aplikasi pendataan sudah sesuai.mohon penjelasannya!
    yang ke-2 kenapa pada jam mengjar guru isinya double padahal di aplikasi pendataan hanya 1 jam mengajar...terima kasih mohon bantuannya!

    BalasHapus
  12. Pak bagi guru honorer yang mengajar di sekolah lainnya melalui jalur depag, untuk menambahkan riwayat mengajarnya tidak bisa otomatis, karena tidak terdeteksi di Aplikasi Dapodik... mohon petunjuknya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama sekolahnya apa..beberpa MI/MTs sdh masuk database kok

      Hapus
  13. pak gmana dengan menambah data ptk yang bru masi bisa ga?

    BalasHapus
  14. pak gmana dengan menambah data ptk yang bru masi bisa ga?

    BalasHapus
  15. Sebenarnya jmlah jam mengajar kepala sekolah bersertifikasi berapa ? kok diisi 6 jam per minggu pas waktu dicek ke http://116.66.201.163:8083/info.php jmlah jam mengajar kepala sekolah dinyatakan masih belum sesuai ( JJM Sesuai masih kurang dari 24 jam )bagaimana dengan PP 74 Tahun 2008 terkait dengan beban mengajar guru dengan tugas tambahan sebagai kepala ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di aplikasi pd jabatan, riwayat terdaftar

      Hapus
  16. Uut Suherman
    Pa data NRG sudah masuk di PTK tp belum masuk di data dapodik, dan di lihat dari profil jumlah jam sudah sesuai tp di cek di dapodik masih belum memenuhi sarat, gi mn solusinya pa ?

    BalasHapus
  17. saya telah mengisi data dapodik dan di export ke exsell jam mengajjar sudah benar, tapi kenapa pada data p2tk jam mengajar masih 0 apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya: tolong kirim ke muchlisdedy@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas muchlis.com sy blm tahu cara mengatasinya

      Hapus
  18. jumlah jam saya beberapa waktu yang lalu masih salah/kosong, kemudian saya perbaiki pada data dapodik kemudian dikirim ulang keserver, tetapi setelah 4 hari dilihat kok masih salah, bagaimana?

    BalasHapus
  19. saya guru matematika di negeri tapi jam kurang saya cari tambahan di MA tapi didata kok yang muncu cuma dinegeri itu pun jumlah jam mengajarnya masih salah. gimana cara memberbaiki....terima kasih

    BalasHapus
  20. Makasis atas blogspotx.... ini sangat membantu.

    BalasHapus
  21. saya oprtor dari smpn 1 selakau kalimantan barat, saya sudah upload data 23 desember 2012, di data aplikasi tertulis "data berhasil,diproses belum di verifikasi" apa maksudnya ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting sdh berhasil diproses berarti sdh diterima dan diproses..blm verifikasi tdk masalah, yg berhak memverifikasi adlh KK-Datadik Kab/Kota..klw memang data sdh benar2 valid yakin tdk ada kekurangn silakan minta verifikasi,tp klw belum gpp

      Hapus
  22. WAKTU LOG IN CEK DATA GURU SELALU PASSWORD SALAH,,,,PDAHAL TGL LHIR SUDAH BETUL N INPUT DATA JUGA BETUL...

    BalasHapus
  23. pak agus, klo nama saya salah didata dapodik gimana cara membetulkannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan hny bisa dilakukan melalui aplikasi pendataan di sekolah

      Hapus
  24. saya lupa username dan pass saya berarti saya tidak bisa login ke aplikasi please jalan yang aku tempuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. username dan pass sama dg user n pass utk membuka aplikasi pendataan sekolah..kt bs ganti password pd aplikasi baca di http://rodajaman.blogspot.com/2012/12/download-file-seputar-aplikasi.html

      Hapus
  25. kenapa masa kerja bisa berubah-ubah, sebenarnya dari indikator mana masa kerja itu dihitung, dari TMT pengangkatan atau dari masa kerja yang tercantum di SK KGB terakhir.mohon penjelasan dan terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat

      Hapus
  26. Assalamualikum wr.wb. mohon solusinya ya pak... saya guru ipa dengan serifikasi ipa dan menjabat kepala lab. ipa. data ptk dapodik saya mengajar 5 jam ipa untuk tiga rombel jadi 15 jam dan tugas tambahan kepala lab merangkap guru 12 jam total 27 jam, namun yang sesuai dengan ktsp hanya 4 jam per rombel dengan kepala lab. 12 jam total 24 jam. yang muncul pada jjm linier jumlah jam saya kosong dan kepala lab 12 jam jadi total 12 jam. mengapa demikian ya? mohon bantuan penyelesaian masalahnya pak. terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu saja pak..nanti ada sinkronisasi data, dt akan disesuaikan

      Hapus
  27. Maaf pak..untuk menambah jam disekolah lain bs tdk jk tdk satu jenjang?.apakah labor ips di smp bs dimskkn dlm tugas tambahan?mohon penjlsnnya pak..tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sj asalkan mapelnya linier dg sertifikat..dan data hrs diisi di masing2 sekolah

      Hapus
  28. Maaf pak bagaimana guru yang belum sertiikasi.saya rasa pada pengisian data saya kosongkan krena memang beluum sertifikasi atau ada pilihn lain dalam pengisiannya.terus jjm lineernya gimana kurang ngerti..terus tugas tambahan bagi guru SD tidak ada pilihan yang cocok untuk mereka..terus ada catan Guru Honr Sekolah tidak memenuhi Syarat..yang seharusnya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. verifikasi ini khusus utk tunjangan profesi..data guru yg belum sertifikasi jelas tdk linier..utk guru honor sekolah syaratnya GTY atau Honda agar bs valid

      Hapus
  29. mau tanya pak ? isian dapodik ini apakah hanya untuk guru di bawah diknas saja? terus untuk yang guru madrasah/MA/MTs/MI dibawah kemenag apakah juga harus daftar lewat dapodik ini atau tidak ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk dikdas = aplikasi dapodik
      utk dikmen = aplikasi PAS dikmen
      utk kemenag = EMIS
      mf sy krg paham ttg EMIS, cari sj infonya

      Hapus
  30. kalau merubaha masa kerja biar sesuai di dapodik pada kolom apa ya kebacanya kok 10 th terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kerja dihitung dr SK Pengangkatan dan SK KGB (Kenaikan gaji berkala)
      di formulir PTK diisi, juga pd riwayat kepangkatan dan riwayat kenaikan berkala

      Hapus
  31. waktu saya mengakses data sekolah secara online username betul tapi selalu password nya salah, padahal username dan password itu juga yang saya gunakan untuk pengisian data

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan password yg sama yg utk membuka aplikasi

      Hapus
  32. sdn 2 sukorejo wetan kec.rejotangan kab. tulungagung jawa timur tidak ada dalam verifikasi sekolah. apakah harus ngetik dari awal ...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi KK-Datadik dinas pendidikan setempat

      Hapus
  33. ndari theresia
    waduh, ada DAPODIK bikin pusing,takut dan gemeteran, masuknya sulit, info yang betul gimana, tanya kesiapa, gimana cara memperbaiki, saling lempar. tolong ada konfirmasi yang betul, kan punya wadah DINAS KABUPATEN

    BalasHapus
    Balasan
    1. kt hrs proaktif..jgn mengandalkan org lain..
      mknya kt jg hrs sll sharing..dg sekolah lain

      Hapus
  34. mau tanya.. kok di rombel tab PTK ada nama guru yang tidak jelas misalnya mnhkhjhk padahal sudah di input. mohon informasinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisanya nama yg gak jelas itu..PTK_id identitas PTK yg terbaca di database..masing2 ptk punya id

      Hapus
  35. kalau kepala sekolah, wakil kepala sekolah jumlah jam yang harus dimasukkan apakah sesuai dengan sk mengajar atau langsung 24 jam .. bagaimana dengan sknya apakah diberikan ke diknas setempat atau langsung dikirim ke pusat.. mohon infonya..

    BalasHapus
  36. Sebelumnya saya sudah mengirim data semester 1 thn 2012 / 2013, dalam rombel smester 1 kelas 4 ada 2 kelas 4A dan 4B..
    pada semester 2 dikarenakan kekurangan guru akhirnya di gabungkan menjadi 1.. yang jadi permasalahanya. saya login masuk diaplikasi semester 2 dan merubah rombel, kenapa ketika saya buka di semester 1 jg data ikut berubah pada rombelnya... apakah data yang dikirimkan yang terpakai yang terakhir ? saya mengirim data semester 2 dgn rombel yang sudah dirubah.. terima kasih.

    BalasHapus
  37. Mas Agus. Kenapa saya inpor data PD @ PTK ke Aplikasi selalu tidak bisa, hanya muncul error CSV kosong (delimiter) bukan titik koma. Mohon Penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca tutorialnya cara export import di bagian kanan atas blog ini

      Hapus
  38. Mas Agus. Bgmn kalo kita ingin melihat semua data Dapodik Sekolah secara keseluruhan yang telah dikirim ke server ? Blz By Asraji

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, baca tutorialnya dan baca artikelnya di bagian samping blog ini

      Hapus
  39. Mas Agus. Data di dapodik sudah diupload namun saya cek di p2tk dengan memasukkan NUPT serta passwood ternyata masih kosong seperti tampilan semula. kenapa ?

    BalasHapus
  40. Mas Agus,
    - data perbaikan yang sudah diupload akan diproses berapa lama?
    - untuk dapat melihat perubahannya berapa lama?
    - pada http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/ pada register pengiriman tertulis "cek konversi" maksudnya apa?
    mohon penjelasan. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak budi,
      - tidak tentu paling lama 1 minggu
      - setelah berhasil diproses..tunggu beberapa hari lagi
      - tunggu 1 step lagi sampei berhasil diproses

      Hapus
  41. Mau tanya pak,,
    "Cek Konversi" itu maksudnya apa ya?
    Saya update data tapi setelah saya cek di infopendataan hasilnya malah Cek Konversi padaha sebelumnya keterangan Berhasil Diproses.
    -apakah itu berpengaruh terhadap data-data dapodik lainnya?
    -saya sudah beberapa kali Update data tapi tetap keterangan Cek Konversi, bagaimana supaya menjadi Berhasil Diproses?
    -Data yang saya Update tetap tidak berubah, bahkan Rombel menunjukan error - tanda **)-
    Mohon penjelasan serta Solusinya Pak,,,,
    Mohon jawaban juga dikirim ke email ya pak,,,
    muhtarcpk_bks@yahoo.co.id
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @budisanjay dan @Muhtar Putera : anda bisa baca di http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/keterangan-status-file-pengiriman-data.html

      Hapus
  42. mau tanya: gimana cara perbaiki rombel yang udah terkirim tlg di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki di apliksi pendataan pak trs dikirim lg

      Hapus
  43. mau tanya, sekolah kami (SD Negeri Sukawangi Kec. Pasirkuda Kab. Cianjur, Jawa Barat) saya sudah kirim ke beberapa kali, tapi di cek di progress data siswa da ptk masih kosong, dan yang paling parah, 2 hari ke belakang di cek lagi, malah nama sekolahnya jadi hilang, mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak sy sdh cek nama sekolah gak ada..saran sy : coba kirim data lagi yg semester 2 atau lapor ke KK-Datadik Dinas Kab/Kota

      Hapus
  44. pak, di kecamatan indihiang kota tasikmalaya ada dua sd yang depannya sama dan kebetulan sekolah tersebut sekomplek, yaitu SDN Indihiang dengan SDN Indihiang Gadis. Kedua SDF tersebut memiliki kode registrasi yang sama akibatnya databes yang di upload saling tumpang tindih. Pak mohon untuk segera diperbaiki ! Terimakasih atas bantuannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya walau nama sama, kode registrasi tidak sama..saran sy segera hubungi KK-Datadik Dinas Kota Tasikmalaya, utk mengganti dan meminta kode regsitrasi yang baru yg tdk sama dg sekolah lain, segera perbaiki di aplikasi dan kirim

      Hapus
  45. Kena pas saya login saya masuk ke sekolah lain ..saya udah coba dari tahap awal mulai dar masukan lgi kode registrasi ..masuk aplikas kirim ke server ..tetapi pas saya masuk secara online saya masuk ke Sekolah lain ..mohon bantuannya ..terima kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode regsitrasi mungkin sama dg sekolah lain

      Hapus
  46. Saya guru TIK dengan sertifikat pendidik mapel TIK. Mengajar dengan JJM 12 jam. Untuk tugas tambahan saya adalah kepala Lab. Computer. Apakah utnuk tugas tambahan saya bias diperhitungkan dan JJM nya? Terus kalau bias SK nya bagaimanna? Dikirimkan kemana? Mohon alamatnya apa. Masih pa agus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas diperhitungkan donk, coba di riwayat terdaftar sudah diisi kep.lab nya

      Hapus
  47. penerbitan sk dirjen tiap triwulan antara tgl 9- 16, sebelum tgl 16 apakah data ptk yg belum valid masih dimungkinkan diproses jika diperbaiki? masalahnya di sekolah kami banyak guru yg kurang 24 jam jika disesuaikan dg jam ktsp shg hrs mengorbankan tmn lain yg sama2 sertifikasi. Bagaimana cara merubahnya dan dampak ke depannya bagi yg dikorbankan?

    BalasHapus
  48. Pada PTK saya no 17 Kode bidang studi sertifikasi tidak terisi (kosong) makanya tidak pernah valid. pada sk yang saya lihat di dinas kabupaten ternyata ada nama saya sampai no. rekening juga punya saya, status kelulusan juga nama saya cuma nama PTK nya nama orang lain berarti status kelulusan saya masuk ke NUPTK orang lain. Gimana caranya supaya status kelulusan saya masuk ke NUPTK saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo..kok bisa begitu ya..apa di dapodiknya juga begitu, coba telusuri data nama di SK yang salah itu milik siapa,tempat tugsnya dimn, lapor segera ke dinas pendidikan, agar ada perbaikan

      Hapus
    2. NUPTK nya punya orang lain, statusnya kelulusannya, No peserta, dan NRG punya saya. Sudah lapor sama dinas kabupaten katanya yang bisa merubah ke NUPTK punya saya hanya orang pusat. Jadi ini sebenarnya status kelulusan saya masuk ke NUPTK orang lain sehingga pada NUPTK saya tidak ditemukan status kelulusan. mohon masukannya dari Bapak

      Hapus
    3. coba Bapak buka pada INFO SK NUPTK : 9339746648300003 password : 19681007 dan juga buka NUPTK :8550747651200003 password : 19691218

      Hapus
  49. pa utk guru kelas pns belum sertifikasi,gimana caranya agar total jam mengajar terisi? apa tugas tambahannya? ditulis dimana saja tugas tambahan itu?

    BalasHapus
  50. Pak, Nama distatus field 0 : Rika Theresia
    NUPTK field 5 : OK

    Pada Status NUPTK
    Nama saya jadi: Hj. Rika Theresia
    NUPTK: Tidak Valid

    Apakah perbedaan Nama menjadi ketidakvalidan NUPTK Saya, Pak ?

    BalasHapus
  51. Pak,mhn info atas kasus saya,setelah pengecekan data verifikasi guru,ternyta pada bagian akhir/bawah tentang "STATUS KELULUSAN SERTIFIKASI" tidak ada datanya,..dan dibawahnya terdapat bacaan 'DATA KELULUSAN TIDAK DITEMUKAN" saya guru serti 2011,nah dimana permasalahannya,pak?mohon solusinya,trims..

    BalasHapus
  52. Untuk Mata pelajaran TIK kok kosong pak? mengapa bisa begitu? kan diKTSP TIK jam nya 2? Jika TIK jamnya 0 mengacu pada kurikulum 2013? Terus valid tidak data tsb?

    BalasHapus
  53. Pak mohon infonya, mengapa guru yang sertifikasi melalui PPG(Pendidikan Profesi Guru) NRG dan No. Sertifikasinya tidak muncul di verifikasi data PTK maupun di Cek SK? silahkan dilihat NUPTK (0251763665200043)tgl (19/09/1985),

    BalasHapus
  54. pak..data sdh saya update tgl 25 april 2013 tp saat saya cek data verifikasi guru yg keluar masih data tgl 18 april 2013.saya coba kirim hr ini lg tp saat dicek ttap keluar hasil tgl 18 april 2013.
    tolong solusinya pak..
    terima kasih...

    BalasHapus
  55. Alhamdulillah Dapodik Teman2 Sya disekolh Sudh Bisa Terbuka Namun Msh Ada Kesalahn Pada Salah satu Teman,, Nip.pd Penerbitan No. NUPTK tdk sesuai dengan NiP yang sebenarnya karn di No.Nip tanggal Lahir berbeda dengan tanggal Lahir yang sebenarnya yang saya mau tanyakan adalah gimana cara memperbaikinya.

    BalasHapus
  56. Operator Dapodik sekolah telah memvalidasi dapodik dengan kirim server. Dalam keterangan di bawah sudah ada keterangan data yang dikirim telah sempurna dan lolos dalam validasi akhir. Namun di pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. semua data peserta didik, PTK dll belum tampil.
    1. Berapa lama data tersebut akan tampil?
    2. Jika pada data yang terkirim tersebut kami sempurnakan/ lengkapi. dan kirim server beberapa kali, yang diproses data yang mana?

    BalasHapus
  57. pak admin yang berbahagia saya mau konsul ni saya punya keluhan semacam ini bagai mana solusinya trimaksih . " data PTK tidak memiliki record terdaftar sehingga tidak dapat di input oleh data mengajar "

    BalasHapus
  58. pak admin bagaimana cara memaping kepala sekolah yang kode sertifikasinya 061( bidang studi )..agar bisa jumlah total mengajar 24 jam..soalnya klau kode sertifikasi 061 ini di maping mapel bhs daerah , pkn...kayaknya masih kurang dari 24 jam atau masih 18 jam

    BalasHapus
  59. tanya om... buat guru GTT status pegawainya saya isi guru honor sekolah.. setelah saya cek, ternyata invalid.. terus yang valid status pegawainnya ap? trims

    BalasHapus
  60. salah satu GTT di sekolah kami tidak masuk ke daftar terima TF, pdahl JJM 24, punya NUPTK, ijasah S1 PGSD setlah saya cek ternyata masa kerja kosong, belum terisi.kemudian data saya validkan, dan langsung dikirim ke server,yg saya tanyakn apakh bisa GTT trsbut mendptkan Tunjangan Fungsional ?.. trims

    BalasHapus
  61. malam mas Agus. saya operator sekolah dari lampung.
    saya minta pencerahan, masalah JJM linear, ada beberapa MP yg selalu tidak sesuai JJM Linear nya, seperti BHS. Indo, IPS dan BK. bagaimana cara mensiasatinya, trimakasih. wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jjm linier tidak sesuai karena kode bid.studi sertifikasi tidak sama dengan kode bid.studi yang diampu, jadi kalau sertifikasi B.Indonesia harus mengajar B.Indonesia 24 jam. atau bisa juga karena perbedaan kode lama dengan kode baru misal kode lama B.Indonesia 087 dan yang baru 156 kalau seperti ini nanti akan berubah

      Hapus
    2. udh ane cba semua nih, tp tetep 3MP ini yg gk mau liniear. kode bid study ampe ngetik ulang ptk di rompel, msh sama aja, blm liniear, knp ya...

      Hapus
  62. kok yang keluar data guru saja ya? bagaimana mengatasinya?

    BalasHapus
  63. aplikasi pada skolah saya, blum ada 1 org PTK pun yang msuk pda daftar PTK, sdangkan pada pngisian anggota rombel,syarat wajibnya hrus mngisi PTK, MHON PENJELASAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di menu PTK, apakah sudah diisi tab Penugasan, jika di daftar rombel PTK tidak ada berarti PTK dianggap belum aktif atau belum ditugaskan

      Hapus
  64. pak saya mau tanya,pada aplikasi saya sdah valid dan saat saya sinkron saya tdak tahu apkah data sdh trkirim atau blm,tpi saat saya bka kmbali data,datanya psrta di2k kmbali sprti blm d edit,apkah ini tndanya bhwa aplikasi sy sdh trkirim.MHN PENJELASANNYA. Trima ksih.

    BalasHapus