\ Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007

Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007

Share on :
Banyak fasilitas di Word 2003 yang fungsinya lebih dioptimalkan dan disempurnakan pada Word 2007.  Contohnya fasilitas Table of Contents. Pada Word2003, sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia di menu insert Reference - Index and Tables. Namun pada Wod2007, References sudah menjadi tab menu tersendiri, dan salah satunya Table of Contens (TOC) dan cara penggunaanya pun lebih mudah.

Membuat daftar isi memang mudah dan pasti semuanya sudah bisa, hanya tinggal ketik daftarnya kemudian beri titik-titik dan ketik nomor halaman. Tapi kelemahannya jika dibuat secara manual, kita harus menulis daftarnya, kemudian kita cari dan lihat nomor halamannya. 
Nah… pernahkah membuat daftar isi dengan fasilitas Table of Contens? TOC disediakan untuk memudahkan membuat daftar isi, misal kita membuat laporan mulai dari halaman judul sampai dengan bab terakhir jadi satu dalam satu file, kemudian kita akan buat daftar isi dengan TOC, kita tuju halaman teks yang akan dimasukkan e daftar,misal Bab I  Pendahuluan, blok teks tersebut lalu klik add text kita pilih level 1 dan klik update table, maka secara otomatis Bab I Pendahuluan masuk di daftar isi lengkap dengan tanda titik-titik dan nomor halamannya, kemudian kita menuju ke halaman sub bab 1.1 Latar Belakang, klik add text dan pilih level 2 dan klik update table, dan seterusnya.

Jika ingin lebih jelas sebaiknya langsung ke TKP saja. Buka dokumen laporan lengkap dan beri nomor halamannya. Kemudian siapkan halaman kosong untuk membuat Table of Contens. Dan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1.      masuk menu references
2.      klik table of contents (di bagian kiri)
3.      a. pilih automatic table 2
            -> akan muncul pesan cara2 menambahkan elemen daftar isi
b. pilih insert table of content, jika level TOC lebih dari 3
            -> atur show levels = 9 (atau sesuaikan dgn keinginan)
4.      atur posisi kursor di bagian dokumen yang akan ditambahkan ke dalam TOC (misalnya kata pengantar)
5.      klik add text
-> bagian add text mengubah bagian dokumen yg aktif, apakah tidak akan ditambahkan pada daftar isi (Do Not Show in TOC) atau akan ditambahkan berdasar level (level 1, level 2, level 3, dst)
6.      klik update table, untuk menambahkan elemen dokumen tsb ke dalam TOC
7.      ulangi langkah 4 dan 5 untuk menambahkan elemen dokumen yang lain.

Catatan :
a.       format dokumen(teks) akan berubah, namun dapat diubah ke bentuk lain secara manual.
b.      add text, tidak secara otomatis menambahkan elemen dokumen ke dalam TOC
c.       update table memiliki 2 pilihan :
-          update page numbers only : hanya memperbaharui nomor halaman
-          update entire table : menambahkan elemen baru TOC
d.      jika dokumen diubah, sehingga jumlah halaman berubah, TOC harus di update dengan cara mengklik update table -> update page numbers only.

Selamat Mencoba..semoga bermanfaat..


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007 ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Membuat Daftar Isi Dengan Fasilitas Table of Contents di Word 2007 sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

5 comments: